Petugas gabungan Kabupaten Gunungkidul menjaga akses jalur alternatif menuju objek wisata untuk antisipasi wisatawan yang menerobos masuk di masa PPKM Level 4. Dok.Istimewa

Petugas gabungan Kabupaten Gunungkidul menjaga akses jalur alternatif menuju objek wisata untuk antisipasi wisatawan yang menerobos masuk di masa PPKM Level 4. Dok.Istimewa

Antisipasi Datangnya Wisatawan, Pemkab Gunungkidul Tingkatkan Penjagaan

Petugas juga diterjunkan mengawasi jalur-jalur tikus atau jalur alternatif.

Minggu, 05 September 2021 | 08:59 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Gunungkidul - Pemkab Gunungkidul memperkuat penjagaan untuk antisipasi kedatangan wisatawan yang hendak menuju objek wisata di Gunungkidul. Langkah tersebut dielakukan lantaran Gunungkidul masih menerapkan PPKM level 4.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polri dan TNI untuk meningkatkan pengawasan di jalur jalur masuk objek wisata. “Karena sampai Jumat malam kemarin masih ada saja wisatawan nekat datang,” ujarnya, Sabtu (4/9/2021).

BERITA TERKAIT:
Pemkab Boyolali bakal Percantik Wisata Edukasi Religi Qalbu dengan Taman Bernuansa Timur Tengah
Ada Hidden Gem di Sukoharjo! WE Land Sunrise View Namanya
Dikenal untuk Pengobatan, Umbul Brintik Klaten Kini Dilengkapi 11 Jenis Terapi
Tambah Jumlah Tower BTS di Jateng, Smartfren Perkuat Jaringan di Jalur Utama Transportasi hingga Objek Wisata
Polres Demak Kerahkan 120 Personil untuk Amankan Sejumlah Obyek Wisata

Bupati Sunaryanta mengatakan, jika ada wisatawan yang nekat datang akan diminta putar balik. Pasalnya, objek wisata di Gunungkidul belum buka. “Ya kalau nekat datang akan dihalau pulang, karena memang ketentuannya objek wisata belum buka,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono. Ia mengatakan, penjagaan tak hanya di titik-titik Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) kawasan pantai Gunung Kidul. “Petugas juga diterjunkan mengawasi jalur-jalur tikus atau jalur alternatif menuju destinasi agar wisatawan tak nekat.” jelasnya.

Terkait hal ini, kata dia, Dinas Pariwisata juga menambah 28 personil yang tersebar tiga desa yakni Desa Kemadang, Ngestirejo serta Banjarejo yang wilayahnya berdekatan dengan kawasan pantai selatan.

Personel tambahan yang diturunkan itu terdiri dari empat anggota TNI, sembilan anggota Polri, empat dari Dinas Perhubungan, tujuh orang dari SAR dan empat orang dari Satpol PP Kabupaten Gunungkidul.

***

tags: #objek wisata #gunungkidul #ppkm level 4 #penjagaan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI