Ilustrasi begal

Ilustrasi begal

Jajaran Polda DIY Patroli Serentak Tekan Klithih Saat Pergantian Tahun Baru

Polisi juga tak segan-segan untuk memberikan hukuman tegas dan terukur kepada para pelaku klithih untuk memberikan efek jera.

Rabu, 29 Desember 2021 | 13:41 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Yogyakarta - Kejahatan jalanan atau klithih di area Yogyakarta masih menjadi momok. Untuk menekan klithih, Polda DIY akan menggelar patroli besar-besaran yang melibatkan jajaran hingga tingkat polsek.

WakaPolda DIY Brigjen R Slamet Santoso mengatakan klithih tidak bisa hanya ditangani dengan penegakan hukum saja. Orang tua diminta lebih bijak dalam memberikan kendaraan untuk anaknya. Kepada pihak dealer juga dilakukan sosialisasi agar ada pemantauan yang jelas soal siapa pengguna kendaraan.

BERITA TERKAIT:
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda DIY Gelar Olahraga Bersama dan Bagi-bagi Doorproze
Ade Armando Dilaporkan ke Polda DIY, Ini Penyebabnya
Jelang Pemilu, Wakapolri Apresiasi Polda DIY Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan
Polda DIY Bantu Air Bersih dan Paket Sembako ke Warga Desa Sampang Gunungkidul
Akhir Kasus Kekerasan Seksual Anggota BEM FMIPA UNY, Pengirim Menfess Jadi Tersangka

"Kalau di Jepang itu jelas. Dia mau membeli kendaraan sepeda motor atau mobil dia harus mempunyai lokasi garasi dan diperuntukkan untuk siapa," ungkap Slamet saat jumpa pers akhir tahun Polda DIY 2021, Rabu (29/12).

Sementara untuk pencegahan, Slamet juga memerintahkan jajarannya agar melakukan patroli dalam skala besar. "Termasuk nanti kegiatan pencegahan juga kami akan menggelar setiap hari itu patroli dalam skala besar, baik itu di tingkat polda, polres dan polsek," ucapnya.

Polisi juga tak segan-segan untuk memberikan hukuman tegas dan terukur kepada para pelaku klithih untuk memberikan efek jera.

Lebih lanjut, ia memastikan, jika ada kejadian klithih di wilayah hukum Polda DIY, jajarannya akan ditindak secara tegas dan terukur. Sesuai proporsional dan situasi kamtibmas.

"Gangguan kamtibmas selama Tahun Baru nanti kami akan laksanakan secara profesional dan proporsional tergantung situasi yang ada. Apabila memang mengganggu kenyamanan, nyawa dari masyarakat satu orang pun itu, kita akan melaksanakan kegiatan dengan tegas dan terukur dengan proporsional yang ada," tegasnya.

Selain itu, ia pun menyoroti penerangan jalan untuk mencegah terjadinya klithih. Pihaknya pun menggandeng Dishub dan Dinas PU untuk fasilitas penerangan jalan ini.

"Kita kerja sama dengan instansi-instansi terkait, ke depan di awal 2022 akan kencangkan itu tidak boleh ada daerah atau jalan-jalan di wilayah Yogya yang misalnya gelap, itu yang bisa dari dinas terkait," tutupnya.

***

tags: #polda diy #klithih #pergantian tahun

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI