Untuk Salat Idulfitri, Pemkot Surakarta Siapkan 753 Lokasi

Makur juga meminta kepada penceramah agar tidak terlalu lama berkhotbah.

Kamis, 21 April 2022 | 16:29 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo - Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta Hidayat Maskur menyampaikan bahwa Pemkot Surakarta telah menyediakan sebanyak 753 lokasi untuk salat idulfitri. Ratusan lokasi salat idulfitri itu disediakan menyusul adanya pelonggaran pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

"Sudah diperbolehkan di masjid, mushola, lapangan, termasuk di jalan juga boleh," tutur Maskur di Solo, Selasa, (19/4/2022).

BERITA TERKAIT:
Untuk Salat Idulfitri, Pemkot Surakarta Siapkan 753 Lokasi
Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Ganjar Salat Id di Rumah Dinas

Secara keseluruhan, kata dia, ada sebanyak 704 tempat ibadah baik itu masjid maupun mushala dan 49 lokasi yang di luar masjid serta mushala, yakni di jalan dan di lapangan. Sedangkan jika ada lokasi baru yang diajukan oleh masyarakat, maka bisa didaftarkan langsung ke Kantor Kemenag Surakarta.

"Kalau ada lokasi baru didaftarkan ke kami, termasuk nanti mencatumkan imam dan khotibnya. Nanti kami pantau hingga H-2 Lebaran (kemungkinan penambahan lokasi baru)," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa terkait penceramah dan imam shalat, pihaknya juga sudah menyiapkan daftar termasuk imbauan agar topik ceramah mengangkat tentang perdamaian dan kerukunan. Makur juga meminta kepada penceramah agar tidak terlalu lama berkhotbah demi mengantisipasi durasi kerumunan yang terlalu lama.

"Kalau materi kami imbau agar menjaga perdamaian, kesejukan bersama, dan kerukunan," terang Maskur.

Maskur menambahkan, dalam pelaksanaan salat idulfitri akan tetap diterapkan protokol kesehatan. Ia juga mengku bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Satpol PP Kota Surakarta untuk memastikan protokol kesehatah diterapkan.

"Kepolisian juga turun. Prokes wajib, jaga jarak juga ada. Apalagi di lapangan dan jalan raya kan makin bisa jaga jarak," sambungnya.

***

tags: #salat idulfitri #surakarta #kementerian agama

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI