Kepala Bapenda Semarang Indriyasari, SE, MAP,.

Kepala Bapenda Semarang Indriyasari, SE, MAP,.

Optimalkan Perolehan Pajak Tempat Usaha, Bapenda Semarang Bakal Tambah Alat e-Tax

Iin optimis dengan e-Tax penerimaan pajak akan terpantau baik.

Senin, 02 Mei 2022 | 14:00 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang bakal menambah alat monitoring pajak elektronik atau e-Tax. Bukan tanpa alasan, penambahan ini dilakukan agar pendapatan pajak bisa maksimal dari tempat usaha

Kepala Bapenda Kota Semarang Indriyasari SE MAP mengatakan saat ini sudah ada sekitar 500 unit e-Tax yang terpasang di tempat usaha  seperti restoran dan hotel. 

BERITA TERKAIT:
Bapenda Kota Semarang Siapkan Kajian soal Pengusaha Keberatan Kenaikan Pajak
Genap Satu Tahun, Kasus Iwan Boedi Belum Terungkap
Temui Shinta Wahid, Keluarga Iwan Boedi Harap Kasus Pembunuhan Cepat Terungkap
Keluarga Berharap Kasus Iwan Budi Cepat Terungkap
Minta Keadilan ke Presiden Jokowi, Begini Isi Surat Lengkap Keluarga ASN Bapenda Kota Semarang yang Tewas Dimutilasi  

“Rencananya akan ditambah lagi 100 unit yang akan terpasang pada tahun ini. Hal ini dalam upaya untuk optimalkan pemasukan pajak dari tempat usaha,” kata wanita yang akrab disapa Iin ini, di Semarang, Minggu (1/5).

Dengan adanya penambahan e-Tax, ini Iin optimis perolehan pajak dari tempat usaha akan terpantau dengan baik.

"Tujuannya agar penerimaan pajak yang dititipkan masyarakat bisa maksimal, karena setiap masyarakat yang makan di restoran atau rumah makan dikenakan pajak. Kami tidak mengambil atau meminta bagian dari pengusaha kami hanya mengambil titipan dari masyarakat," jelasnya.

Iin menambahkan, begitu juga saat masyarakat yang menginap di hotel pasti ada penambahan pajak. Untuk mengoptimalkan input data setiap transaksi ke dalam alat e-Tax ini pihaknya dibantu rekan- rekan yang tergabung dalam mitra pajak. 

"Mereka yang mengawasi alat bantu elektronik pajak yang sudah terpasang agar berjalan dengan baik. Petugas pengawas tersebut melihat seharian alat elektronik pajak tersebut jalan atau tidak di hotel maupun restoran. Kalau tidak jalan nanti kita panggilkan IT-nya. Untuk melihat kesalahannya dimana dan memastikan apakah nota transaksi itu masuk ke dalam alat tersebut," tandas dia.

***

tags: #bapenda kota semarang #indriyasari #e-tax

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI