MUI Jabar Ajak Masyarakat Lakukan Salat Gaib untuk Eril 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar mengajak masyarakat melaksanakan salat gaib.

Rabu, 01 Juni 2022 | 15:49 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Bandung - Upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, anak sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil belum membuah hasil. Hingga kini pencarian telah memasuki hari keenam. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar mengajak masyarakat melaksanakan salat gaib.

BERITA TERKAIT:
MUI Ajak Masyarakat Berantas Judi Online dan Pinjol Ilegal
MUI Imbau Panitia Kurban untuk Jaga Lingkungan
MUI Ajak Masyarakat Gunakan Produk dalam Negeri
Soroti Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, MUI Tegaskan Nikah Beda Agama Tak Sah dan Hukumnya Zina
MUI Soal Film Kiblat: Agama Dipermainkan Hanya untuk Bisnis 

Sekretaris MUI Jabar Rafani Akhyar mengatakan anjuran tersebut berdasarkan kondisi proses pencarian Emmeril di Sungai Aare, Bern, Swiss oleh tim SAR yang belum membuahkan hasil. 

Sementara proses pencarian saat ini sudah memasuki hari keenam sejak Emmeril dilaporkan hilang Kamis (26/5/2022) lalu.

"Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari belum ditemukan. Sebaiknya memang bisa dilaksanakan salat gaib. Itu tuntunannya," kata Rafani, Selasa (31/5/2022).

Rafani menjelaskan salat gaib dilaksanakan bukan hal yang mendahului takdir Eril, yang saat ini masih belum menemukan titik terang. Rafani menjelaskan salat gaib merupakan bagian dari ikhtiar dan pertolongan untuk Eril.

"Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan kita bisa segerakan salat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Salat gaib ini kan mendoakan," ucap Rafani.

Rafani menegaskan MUI Jabar sejak awal kejadian mengimbau kepada masyarakat dan MUI di seluruh kota dan kabupaten untuk menggelar doa bersama. Tujuannya agar Eril bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat dan berkumpul dengan keluarga.

Rafani juga mengatakan, MUI Jabar dan kabupaten/kota bersama Wakil Gubernur Jabar, pejabat eselon II dan keluarga menggelar doa bersama di Gedung Pakuan.

MUI juga terus menghimbau agar warga memberikan dukungan dan empati kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan keluarga agar Eril ditemukan dalam keadaan baik.

Sebelumnya, Tim SAR melanjutkan pencarian pada hari ini, Selasa (31/5/2022). 

"Memang hari kelima sudah selesai. Nanti dilanjut keenam," kata perwakilan keluarga yang juga kakak dari Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman dalam keterangan yang diterima detikJabar, Selasa (31/5/2022).

Erwin mengatakan pihak keluarga mengaku sudah ikhlas dengan musibah yang dialami Eril. Pihak keluarga akan menerima apa pun hasilnya.

"Keluarga sudah ikhlas apapun yang nanti menjadi takdir A Eril. Kemudian untuk antisipasi berbagai skenario. Keluarga berkonsultasi beberapa ulama," kata Erwin.

***

tags: #mui #swiss #emmeril kahn mumtadz #sungai aare

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI