Bupati Kendal Minta Kades Data Pengangguran

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, angka pengangguran di Kendal bisa menjadi lebih besar jika usia di luar produktif dimasukkan. 

Kamis, 15 September 2022 | 22:11 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kendal - Bupati Kendal Dico M Ganinduto meminta setiap kepala desa untuk melakukan pendataan terhadap warga yang belum memiliki pekerjaan. Pasalnya angka pengangguran di Kendal mencapai 7,5 persen. 

Setidaknya 40.300 orang tercatat belum memiliki pekerjaan. Itu karena, angka pengangguran di Kabupaten Kendal mencapai 7,5 persen atau sekitar 40.300 orang belum mendapatkan pekerjaan. 

BERITA TERKAIT:
Bupati Kendal Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades
Desa-desa di Kendal Ini Rawan Narkoba, Ini Kata BNN
Bupati Kendal Menampik Buku "Aku Cinta Kendal" untuk Murid TK adalah Karya Istrinya
Murid TK di Kendal Diduga Diwajibkan Beli Buku Karya Istri Bupati Kendal Chaca Frederica
Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Kendal Gelar Roadshow Rekrutmen Tenaga Kerja

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, angka pengangguran di Kendal bisa menjadi lebih besar jika usia di luar produktif dimasukkan. 

Karena jumlah yang tinggi itu, setiap Kades harus mendata warganya yang belum mendapatkan pekerjaan. “Yang penting mau kerja silahkan mendaftar ke pak kepala desa

Tidak ada batasan pendidikan dan juga usia, kami nanti yang akan mengatur dan menempatkan dimana nantinya akan bekerja,” terangnya. Tak hanya itu, Pemkab Kendal tengah bekerja sama dengan  Kementerian Perindustrian dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan penyaluran tenaga kerja.  

“Kita sudah koordinasi dengan kementerian perindustrian. Dan hasilnya positif. Dan ini kami akan menganggarkan untuk ciptakan lapangan kerja baru,” tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal Cicik Sulastri mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal terkait jumlah valid dan penambahan angka pengangguran. Dia akan memasukkan data desa dengan yang di lapangan. 

Dalam waktu dekat BPS akan mendata warga kendal terkait dengan angkatan kerja sesuai dengan usia dan juga pendidikan. 

“Itu supaya lebih mudah dipetakan kebutuhan lapangan kerjanya. Dan kita bisa tau data terakhir berapa banyak warga Kendal yang menganggur saat ini,” jelasnya. 

Cicik berusaha mengurangi angka pengangguran dengan melaksanakan job fair mini dan job fair akbar. Dengan memberikan pelatihan kepada anak usia produktif supaya memiliki bekal keterampilan dunia kerja. Rata-rata dari hasil job fair para pencaker diterima di Kawasan Industri Kendal. Saat job fair mini ada 1.100 pencaker yang mendaftar. 

“Saat job fair akbar bulan Juli lalu ada 6.000 pendaftar. Ini upaya kami untuk menekan angka angka pengangguran di Kendal,” tambahnya.

***

tags: #bupati kendal dico m ganinduto #kepala desa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI