UPGRIS Gelar Najwa Fest 2022

Festival ini melibatkan sejumlah ahli kesenian rebana dari beberapa daerah untuk ditunjuk sebagai juri.

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 08:19 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Sejumlah grup rebana di Jateng meramaikan gelaran Najwa Fest 2022 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rebana Nurul Asatidz Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati mengemukakan, gelaran festival ini diadakan sebagai bentuk apresiasi pihaknya dalam mengembangkan tradisi dan kesenian musik rebana.

BERITA TERKAIT:
Mahasiswa PPG UPGRIS Kenalkan Menulis Puisi Melalui Media Kertas Nota Berbingkai di Panti Asuhan Tlogosari Semarang
Upaya Pengendalian Daya Rusak Air menjadi Prioritas penanggulangan Banjir dan Rob Jawa Tengah
IdulAdha 2024, UPGRIS Sembelih Delapan Sapi
Pupika UPGRIS Bentuk Kepribadian Mahasiswa Unggul
Diperlukan Tenaga Ekstra dalam Mencatat Dinamika Musik di Semarang

"Ini sebagai apresiasi kami kepada kesenian musik rebana agar berkembang. Kami menilai, kesenian ini juga bagian dari sarana menanamkan pendidikan karakter kepada pelajar dan mahasiswa," kata Suci, dalam siaran persnya, Jumat (7/10/2022)

Najwa Fest, kata dia, digelar secara rutin oleh UPGRIS. Ajang ini memberikan kesempatan kepada kalangan pelajar maupun masyarakat umum untuk mengembangkan keterampilan dalam memainkan alat musik rebana.

"Kami hanya absen ketika masa pandemi. Kesenian ini memberi banyak hal positif, mulai dari kepantasan dalam berbusana, hingga pujian dan sanjungan yang ditujukan kepada Allah dan rasulnya," ujarnya.

Ketua Panitia Najwa Fest 2022, Muhammad Alfiandi mengatakan, festival ini melibatkan sejumlah ahli kesenian rebana dari beberapa daerah untuk ditunjuk sebagai juri.

"Tim juri berasal dari Pati, Semarang dan Demak. Untuk kriteria penilaian, di antaranya vokal, penampilan dan aransemek musik," sebut Alfiandi.

Adapun pemenang Najwa Fest 2022 juara 1 MAN 2 Rembang, juara 2 MA Sunniyah Selo Grobogan, juara 3 Pesantren Multazam Semarang, juara Harapan 1 MA El Bayan Cilacap, serta juara Harapan 2 MA Al Hikmah 2 Brebes.

***

tags: #upgris #najwa fest 2022 #sri suciati

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI