Bandara Semarang Raih Penghargaan Prima Utama Pelayanan Transportasi

Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. 

Rabu, 02 November 2022 | 19:31 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang meraih penghargaan kategori Prima Utama dalam ajang Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2021-2022. Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala setiap dua tahun sekali. Terdapat tiga kategori penghargaan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan yaitu, Prima Utama, Prima Madya, dan Prima Pratama. 

BERITA TERKAIT:
Momen Lebaran, Bandara Semarang Sediakan 236 Extra Flight
Banyak Relasi Ikut Ramaikan HUT Keempat KuasaKata.com
16 Hari, Bandara Semarang Siaga Angkutan Nataru
Bandara Semarang Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, dari Pasang Ornament hingga Beri Diskon
Jelang Pertemuan Mendag se-Asia di Semarang, Bandara Ahmad Yani Persiapkan Sejumlah Fasilitas Pendukung

Pada tahun 2021-2022 ini, penghargaan kategori Prima Utama diberikan kepada enam unit pelayanan publik, Prima Madya diberikan kepada 23 unit pelayanan publik dan Prima Pratama diberikan kepada 48 unit pelayanan publik.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengatakan pihaknya sebagai pengelola bandar udara selalu berkomitmen untuk memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa meskipun dalam dua tahun terakhir kita semua harus menghadapi Pandemi Covid-19. 

“Dengan diterimanya penghargaan ini, kami membuktikan bahwa dengan sinergitas dan kolaborasi bersama seluruh instansi di bandara pelayanan prima tetap terjaga,” kata Hardi, dalam siaran persnya, Rabu (2/11/2022).

Ia menegaskan penghargaan ini menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus berinovasi, bersinergi, dan terus menjalankan komitmen kepada seluruh pengguna jasa untuk memberikan pelayanan terbaik. Sehingga kedepannya pihaknya dapat terus mempertahankan capaian ini.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan penghargaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018, serta terdiri dari 6 aspek penilaian, yaitu aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi. 

Adapun sebanyak 136 unit pelayanan publik telah mengikuti proses penilaian penghargaan ini. Dalam pelaksanaannya, penilaian penghargaan dilaksanakan oleh tim independen yang terdiri dari wakil sejumlah badan dan instansi.

“Tujuan dari semua tugas kita adalah bagaimana para pengguna itu puas. Itulah yang menjadi aim dari pekerjaan kita. Bahwa bangunan yang bersih dan bagus, pelayanan yang bagus, menjadi satu tuntutan bagi kita untuk melakukan improvement dari waktu ke waktu,” ujar Budi.

Adapun bandara kelolaan Angkasa Pura I yang meraih penghargaan tersebut, kata dia, adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama; Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta pada kategori Prima Madya; serta Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sentani Jayapura, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak pada kategori Prima Pratama.

***

tags: #bandara internasional ahmad yani semarang #penghargaan #kementerian perhubungan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI