Kalapas Kelas IIB Brebes, Isnawan memantau langsung warga binaannya yang sedang  berkarya budidaya jamur tiram dalam kegiatan pembinaan kemandirian di berbagai bidang pekerjaan oleh lapas setempat, Rabu (3/2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Kalapas Kelas IIB Brebes, Isnawan memantau langsung warga binaannya yang sedang berkarya budidaya jamur tiram dalam kegiatan pembinaan kemandirian di berbagai bidang pekerjaan oleh lapas setempat, Rabu (3/2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Kalapas Brebes: Warga Binaan Dibekali Keterampilan Kemandirian Sudah Terprogram dan Terencana

Kegiatan itu memberikan manfaat warga binaan.

Rabu, 03 Mei 2023 | 20:09 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes melalui sub seksi kegiatan kerja melaksanakan pembinaan kemandirian di berbagai bidang pekerjaan, Rabu (3/2023)

Awali kegiatan pembinaan, warga binaan melaksanakan briefing untuk review kegiatan hari sebelumnya, juga sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan.

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Hasil Survei Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM, Lapas Brebes Sabet Predikat Sangat Baik

Menurut Kepala Lapas (Kalapas) Brebes, Isnawan, pembinaan yang dilaksanakan salah satunya adalah pembuatan sandal khusus hotel. 

"Kegiatan yang melibatkan enam orang warga binaan ini rutin dilaksanakan untuk memenuhi pesanan beberapa hotel di sekitar Brebes yang sudah bekerjasama dalam penggunaan produk hasil buatan warga binaan Lapas Brebes yang satu ini," lanjutnya.

Selanjutnya, kata Kalapas, kegiatan pembuatan tas Spunboon. Kegiatan ini dilaksanakan setiap ada pesanan dan dikerjakan oleh lima orang warga binaan. Dalam prosesnya ada kegiatan penyablonan dan penjahitan. Ada banyak variasi tas spunboon, mulai dari ukuran kecil hingga jumbo serta gambar berbagai bentuk sesuai pesanan pelanggan.

"Adapun kegiatan yang melibatkan pihak ketiga yakni pembuatan tali dari alumunium foil yang bekerjasama dengan UD. Murni Brebes. Yaitu kegiatan yang dilaksanakan oleh sepuluh orang warga binaa dalam proses pembuatan tali," terangnya.

Selain itu, ucap Kalapas, kegiatan budidaya jamur tiram bekerjasama dengan Bertoz Jamur. Budidaya jamur tiram dilakukan di SAE Lapas Brebes dan dilaksanakan oleh lima orang warga binaan.

"pembinaan selanjutnya yakni di bidang pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan di area perkebunan. Dalam olah tanah pertanian, menghasilkan sayur mayur dan tanaman obat-obatan alami" paparnya.

Kalapas mengemukakan,  untuk membina warga binaan terdapat kerajinan pembuatan keset kain, dibutuhkan keuletan agar hasil keset rapih dengan kualitas bagus. Terbukti hasil karya satu ini mampu bersaing di toko swalayan dan telah di distribusikan ke dalam dan luar Brebes.

Beberapa Kegiatan selanjutnya, tutue Kalapas, adalah kegiatan pertukangan batu, kegiatan pertukangan kayu, pengelasan  las listrik, dan pembuatan paper bag dan telah memenuhi sejumlah pesanan dari hotel.

"Seluruh kegiatan yang menghasilkan keuntungan, selalu direkap di akhir bulan Untuk memberikan premi/upah bagi warga binaan guna menjadi penyemangat dalam mengikuti pembinaan-pembinaan yang ada di Lapas Brebes," jelasnya.

Kalapas menambahkan, dari Keuntungan beberapa kegiatan ini, selain memberikan manfaat bagi warga binaan juga memberikan manfaat lain, yakni untuk memenuhi target pembayaran PNBP demi kemajuan NKRI," tandas Kalapas Brebes, Isnawan.

"Setiap tahun target PNBP selalu terpenuhi oleh Lapas Brebes," pungkas Kalapas.

***

tags: #lembaga pemasyarakatan #lapas kelas iib brebes #pembinaan #pnbp

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI