Pemimpin Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang. (Foto: istimewa)

Pemimpin Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang. (Foto: istimewa)

Pendiri Ponpes Al-Zaytun Ungkap Awal Mula Kelakuan Menyimpang Panji Gumilang: Dulu Lurus-lurus Aja

Dia menyinggung perilaku menyimpang Panji yang menggunakan kepintarannya untuk mencari dana tambahan yang diduga kepentingan pribadinya. 

Kamis, 22 Juni 2023 | 22:33 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Pemimpin Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang belakangan ini memang kerap menjadi perbincangan publik lantaran dianggap mengajarkan pendidikan yang menyimpang dari ajaran Islam kepada santrinya. Salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Zaytun, Imam Supriyanto atau Mbah Imam pun buka suara soal kontroversi Panji Gumilang.

Disebutkan Mbah Imam, kelakuan Panji Gumilang kini memang sudah terbilang kelewatan. Menurutnya, kelakuan nyeleneh ini muncul usai Panji keluar dari jeruji besi.

BERITA TERKAIT:
PN Jaksel Gelar Sidang Praperadilan Panji Gumilang Hari Ini
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pencucian Uang, Panji Gumilang Ajukan Gugatan Praperadilan di PN Jaksel
Panji Gumilang Kembali Disidang Kasus Dugaan Penistaan Agama
Jalani Sidang di PN Indramayu, Panji Gumilang Bacakan Nota Keberatan
Jalani Pemeriksaan Lima Jam, Panji Gumilang Dicecar 55 Pertanyaan

"Belum ada. Dia dulu ya kita lurus-lurus aja setelah kejadian 2015 yang dia dipidanakan kemudian menjalankan hukuman gitu. Setelah itu dia keluar dan munculah yang aneh-aneh itu keluar," kata Mbah Imam, dikutip dari tayangan YouTube Tv One News, Kamis (22/6/2023).

Dia pun menjelaskan Panji ingin menjalin hubungan dengan negara Israel. Imam menyebut Panji ingin mendatangi Israel

"Dia kepengen menjalin hubungan. Bahkan, dia sudah komunikasi entah dengan direktur atau apa itu istilahnya sudah komunikasi, sekolah di sana itu. Dia ingin berkunjung ke Tel Aviv," kata Mbah Imam.

"Mungkin dari sekolah itu berarti dipublish atau diperkenalkan kepada orang pemerintahan atau bagaimana itu mungkin karena terjadi apa," lanjutnya.

Mbah Imam menggambarkan sosok Panji Gumilang merupakan orang yang cerdas. Namun, belakangan ini kecerdasan dan kepintarannya dipergunakan untuk hal yang salah. 

Dia menyinggung perilaku menyimpang Panji yang menggunakan kepintarannya untuk mencari dana tambahan yang diduga kepentingan pribadinya. 

"Contohnya dulu pake uang Rp1,9 miliar kalau gak salah. Itu gak dikembalikan lagi ke kita, ke pesantren. Uang pesantren dipakai," tuturnya. 

"Nah, sekarang dia kaya raya mobilnya aja Jaguar. Rumahnya ada di Lippo dan sebagainya," ujarnya. 

Menurut dia, Panji diduga melihat celah kondisi Al Zaytun yang saat ini tengah kesulitan uang. 

"Dia ini melihat kalau sekarang di Al Zaytun kesulitan uang. Tidak bisa membayar cicilan atau sebagainya, yang udah masuk sesi, terus dilelang," tuturnya. 

Maka berawal dari situ, kata dia, Panji memanfaatkan kepintarannya dengan mengajarkan hal yang menyimpang dari ajaran Islam di Al Zaytun. 

"Nah, iya cari ke investor lain, kan dia senangnya ke pertanian. Dia memang cita-citanya itu di pembangunan ekonomi pertanian. Karena Israel yang pertaniannya maju itu Israel," kata dia.

Bagi dia, Panji tidak layak menjadi pimpinan Ponpes Al Zaytun. Bahkan, menurut dia, perilaku Panji saat ini menyimpang dan ada hukum pidananya. 

"Panji Gumilang gak boleh pimpin pesantren lagi. Nanti bahaya karena kalau orang udah umur segitu kelakuannya begitu gak akan sembuh," ujarnya. 
 

***

tags: #panji gumilang #pondok pesantren al-zaytun #islam #menyimpang #israel

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI