Pj Bupati Cilacap: Qurban Bisa Jadi Momentum Nyalakan Spirit Bergotong Royong di Masyarakat

Penjabat Bupati Cilacap pada Idul Adha ini memberikan hewan qurban berupa satu ekor sapi seberat hampir 500 kilogram kepada Masjid An-Nur.

Jumat, 30 Juni 2023 | 05:58 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Penjabat Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar mengatakan Idul Adha, yang ditandai dengan ibadah penyembelihan hewan qurban, bisa dijadikan momentum untuk kembali menyalakan spirit berkorban dan bergotong royong di masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar saat memberikan sambutannya saat Shalat Idul Adha 1444 H di Masjid Agung Darussalam Cilacap, Kamis (29/6/2023).

BERITA TERKAIT:
BUMD Jateng Peduli Inflasi Gelar Gerakan Pangan Murah di Cilacap
Antisipasi Dampak Inflasi, Dintan Cilacap Selenggarakan Gerakan Tanam Cabai
Pemkab Cilacap Gelar Rakor Pengendalian Operasional
Pj Bupati Cilacap Lantik Kades Antar Waktu Desa Kunci
Polresta Cilacap Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata

Semangat pengorbanan dan keikhlasan seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, menurut Yunita, penting untuk ditumbuhkan kembali dalam kehidupan seperti sekarang ini dikarenakan banyak persoalan yang muncul akibat lemahnya spirit untuk berkorban bagi orang lain.

“Lemahnya spirit untuk berkorban dapat melunturkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, serta memunculkan kehidupan sosial kemasyarakatan yang selalu berorientasi pada imbal balik dan keuntungan, yang selalu mengedepankan kepentingan-kepentingan duniawi, baik materi, harta maupun jabatan. Hal seperti inilah yang harus kita hindari dalam kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Yunita juga mengatakan momentum qurban ini bisa menjadi momen revolusi gizi bagi masyarkat, karena pada saat-saat seperti ini, masyarakat bisa mendapatkan daging yang mengandung protein tinggi untuk pemenuhan gizinya.

“Kita ini punya program Kancing Merah (Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah) yang intinya adalah bagaimana memberikan protein hewani kepada anak-anak khususnya, ibu hamil dan satu lagi bagi remaja untuk menghindari anemia. Pemenuhan gizi bisa terpenuhi pada saat Idul Adha ini. Tapi perlu diingat konsumsi protein hewani jangan hanya pada saat Idul Adha saja, hari-hari biasa juga harus tetap mengonsumsi,” tegasnya.

Penjabat Bupati Cilacap pada Idul Adha ini memberikan hewan qurban berupa satu ekor sapi seberat hampir 500 kilogram kepada Masjid An-Nur Jalan Mawar, RW 1, Cilacap Selatan yang merupakan lingkungan tempat Pj Bupati menghabiskan masa kecilnya.

“Ini lingkungan saya, sejak saya kecil disini. Jadi saya berikan qurban disini dengan harapan bisa berbagi dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar sini,” pungkasnya.

Shalat Idul Adha 1444 H di Masjid Darussalam Cilacap diimami oleh KH. Muslihun Ashari dan Ust. Banu Tolib sebagai Khotib dengan khotbah yang bertemakan “Spirit Qurban untuk Revolusi Gizi Manusia”. 

***

tags: #pj bupati cilacap yunita dyah suminar #idul adha #hewan qurban #kabupaten cilacap

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI