Antisipasi Dampak Inflasi, Dintan Cilacap Selenggarakan Gerakan Tanam Cabai

Selain untuk pengendalian inflasi, Susilan berharap kegiatan tersebut juga untuk mengedukasi masyarakat agar turut serta membudidayakan gerakan menanam.

Sabtu, 11 November 2023 | 09:50 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Dinas Pertanian (Dintan) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Gerakan Tanam cabai dan sayuran pada Jumat (10/11/2023) di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap. Hal itu dilakukan untuk menanggulangi dan mengantisipasi dampak inflasi serta menumbuhkan budidaya tanaman cabai dan sayuran

Acara Gerakan Tanam dan sayuran itu dihadiri oleh Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri, Plt. Asisten Pemerintahan Warsono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Wijaya, Asisten Administrasi Umum Sumbowo, para Kepala OPD Kabupaten Cilacap dan tamu undangan lainnya.

BERITA TERKAIT:
Kelompok Tani Terima Bantuan Alat Pertanian
Kementan Tambah Alokasi Pupuk Subsidi di Jateng, Dispertan Grobogan: Semoga Tidak Kelangkaan di Musim Tanam 
Ancaman Bagi Pedagang Bandel yang Jual Daging Tak Layak Konsumsi di Kota Semarang
Dintan Purbalingga Gunakan Drone Pertanian untuk Lakukan Gerakan Pencegahan Serangan OPT
Antisipasi Dampak Inflasi, Dintan Cilacap Selenggarakan Gerakan Tanam Cabai

Di acara itu juga disediakan tanaman cabai untuk dibagikan ke 30 OPD, 3 Asisten Sekretaris Daerah, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap Tengah dan Cilacap Selatan yakni 25 polybag media tanam dan 175 batang bibit cabai.

Yunita mengungkapkan kegiatan itu sudah mulai dilakukan dari tiga bulan yang lalu dan dirasa cukup efektif dalam langkah pengendalian inflasi di Cilacap. “Gerakan ini cukup efektif karena kalau kita lihat bahwa inflasi di Cilacap pada bulan Oktober itu yang terendah di wilayah Banyumas Raya. 0,12%, itu luar biasa ya," ucapnya. 

"Nah, capaian inflasi itu orientasinya adalah agar masyarakat dapat membeli kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau. Ukurannya adalah masyarakat. Kita harus pastikan bahwa pelayanan kita sebagai ASN kepada masyarakat memang betul-betul dapat menyejahterakan masyarakat,” sambungnya.

Sejalan dengan Pj Bupati, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Susilan mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu langkah nyata dalam pengendalian laju inflasi daerah. “Untuk menyukseskan program ini, Dinas Pertanian tidak dapat menjalankan sendiri, namun perlu dukungan dan gerakan yang masif mulai dari tingkat rumah tangga dan lingkungan kantor untuk bisa menjadi budidaya tanam sayuran,” katanya.

Selain untuk pengendalian inflasi, Susilan berharap kegiatan tersebut juga untuk mengedukasi masyarakat agar turut serta membudidayakan gerakan menanam sebagai wujud dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari.

Dalam kegiatan tersebut, Yunita menyerahkan bibit cabai secara simbolis kepada Kepala BPPKAD Warsono, Kepala Diskominfo Supriyanto, serta Camat Cilacap Tengah Bambang Wijoseno.

***

tags: #dinas pertanian #kabupaten cilacap #pj bupati cilacap yunita dyah suminar #cabai #sayuran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI