DPRD Kota Semarang Sebut Perlu Penambahan SMA Negeri

Idealnya tiga kecamatan ada satu SMA Negeri.

Sabtu, 08 Juli 2023 | 10:59 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Komisi D DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah menyebut perlu adanya penambahan SMA Negeri di Ibukota Jateng. Sebab, jumlah SMA Negeri di Ibukota Jateng dinilai belum sesuai kebutuhan warga. 

“Kalau dari segi jumlah sekolah tidak sebanding, idealnya memang ada penambahan yang dilakukan Pemprov,” kata anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Supriyadi, di Semarang, Sabtu (8/7).

BERITA TERKAIT:
LKPJ Anggaran 2023, DPRD Kota Semarang Sarankan Antisipasi Inflasi
DPRD Kota Semarang Ingatkan Pemkot soal Pembangunan Jalan Diimbangi Perbaikan Saluran Air
Pasca Banjir, DPRD Dorong Pemkot Semarang Perbaiki Jalan Rusak
21 Hari Jelang Puasa, Dewan Minta Pemkot Semarang Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok
Pasca Pemilu, DPRD Kota Semarang Ajak Warga Jaga Kerukunan

Dia berpendapat jumlah SMA atau SMK Negeri di Kota Semarang tidak sebanding dengan jumlah SMP Negeri ataupun swasta. Hal ini membuat banyak siswa lulusan SMP tidak tertampung di SMA Negeri.

“Idealnya dalam tiga kecamatan ada satu SMA Negeri agar bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Saat ini SMA Negeri di Semarang sendiri ada beberapa di satu kecamatan, misalnya SMA N 3 dan 5, juga ada SMA N 1 dan 11 di satu kecamatan. Dia menyebutkan penambahan sekolah perlu dilakukan kajian dan survey pembangunan terkait kebutuhan masyarakat, misalnya kepadatan penduduk dan lainnya.

“Jika memang akan dilakukan pembangunan sekolah baru, kitameminta agar Pemprov Jateng bisa memanfaatkan aset yang dimiliki. Ada beberapa aset Pemprov Jateng yang kurang produktif di Kota Semarang.  Misalnya Semarang Utara di wilayah Kelurahan Kebonharjo, Mugas Semarang Tengah, Gajahmungkur dan  lainnya. Bisa untuk menambah SMK ataupun SMA Negeri,” terang dia.

Supriyadi mencontohkan SMK Jateng di Semarang yang memanfaatkan aset tak produktif. Menurut dia, Pemprov Jateng bisa membangun sekolah dengan system yang sama di daerah lainnya.

***

tags: #dprd kota semarang #supriyadi #sma negeri #pemprov jateng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI