Polres Brebes memasang garis polisi (police line) di lokasi terbakarnya gedung utama Kantor.Pertanahan setempat, Jumat (14/7/2023). Foto. Eko Saputro

Polres Brebes memasang garis polisi (police line) di lokasi terbakarnya gedung utama Kantor.Pertanahan setempat, Jumat (14/7/2023). Foto. Eko Saputro

Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes Ludes Terbakar

Sebelum kantor terbakar, hanya ada satu staf yang berada di bangunan utama karena sedang menyelesaikan berkas yang belum kelar.

Jumat, 14 Juli 2023 | 16:46 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Bangunan utama Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Ludes terbakar, Jumat (14/7/2023) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun ribuan berkas yang berada di kantor tersebut turut terbakar dan menjadi abu.

"Masyarakat tidak perlu merasa kuatir dan resah dengan musibah terbakarnya kantor. Karena masyarakat tidak perlu untuk mengurus kembali sertifikat tanahnya yang turut terbakar. Karena sudah diback up dengan data elektronik," ucap Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Siyamto APtnh MSi saat dihubungi, Jumat (14/7/2023).

BERITA TERKAIT:
Kantor Pertanahan Demak Sosialisasikan Sertifikat Tanah Elektronik
Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes Ludes Terbakar
Penggarap Tanah Sawah Kalimati Grobogan Desak BPN Jateng Terbitkan Sertifikat untuk Warga
Amankan Aset, Pemkab Boyolali Terima 640 Sertifikat Tanah

Siyamto.mengemukakan, sebelum kantor yang dipimpinnya terbaik, dirinya juga turut lembur dengan staf untuk penyelesaian sertifikat tanah PTSL. pihaknya saat ini sedang menyelesaikan 37.500 sertifikat tanah PTSL dan tinggal 6 ribu sertifikat tanah yang berada di kantor dan turut terbakar. 

"Sekitar jam 01.00 dinihari saya pulang ke rumah. namun, sekitar pukul 02.00 dinihari, diberitahu kalau kantor terbakar. Saya bergegas kembali ke kantor mendapat informasi tersebut," lanjut Siyamto 

Siyamto menambahkan, sebelum kantor terbakar, hanya ada satu staf yang berada di bangunan utama karena sedang menyelesaikan berkas yang belum kelar. Yang lainnya kebetulan sudah selesai lembur dan pulang lebih dahulu.

"Namun, saat itu yang bersangkutan mencium bau asap dan didekati di salah satu ruangan diduga kulkas terbaka. Staf saya dan seorang security mencoba memadamkan api namun bukannya padam malah semakin besar dan menjalar. Keduanya keluar karena tidak kuat dengan asap yang sudah besar," papar Siyamto.

Siyamto menandaskan. Keduanya kemudian ke BPBD yang letaknya di sebelah kantor untuk minta pertolongan pemadam kebakaran. Tak lama mobil pemadam kebakaran datang. Namun, karena besarnya api menyebabkan bangunan utama lama utama untuk dipadamkan. 

"Saya apresiasi dengan staf dan security yang cepat bertindak. Meski bangunan utama ludes terbakar namun tidak menjalar ke mana- mana karena langsung minta pertolongan," tutur Siyamto.

Kasus kebakaran yang menimpa gedung utama Kantor Pertanahan masih diselidiki oleh Polres Brebes dan menerjunkan tim Labfor Polda Jateng.

***

tags: #kantor pertanahan #kabupaten brebes #kebakaran #ptsl #bpbd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI