Aplikasi LIBAS Polrestabes Semarang Masuk Tahap Final KIPP 2023

Aplikasi Libas merupakan inisiasi Kapolrestabes Semarang.

Senin, 17 Juli 2023 | 21:27 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Tahap presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023 telah memasuki hari terakhir, pada Senin (17/7/2023). Ada delapan inovasi dipamerkan oleh kepala daerah dan kepala institusi dari berbagai daerah di Sulawesi, Kalimantan, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Salah satu yang melaksanakan persentasi yakni Polrestabes Semarang. Satuan kerja kepolisian persentasi inovasi Polisi Hebat Semarang (LIBAS). 

BERITA TERKAIT:
Aplikasi LIBAS Polrestabes Semarang Masuk Tahap Final KIPP 2023

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menuturkan, inovasi LIBAS berbentuk aplikasi yang dapat diunduh oleh seluruh warga.

"Didalamnya terdapat lebih dari 40 fitur yang dapat digunakan," kata Irjen Luthfi. 

Fitur utama yang dapat dimanfaatkan oleh warga adalah fitur SOS dan Panic Button. Fitur tersebut dapat membantu masyarakat mendapatkan perlindungan secara cepat dari pihak kepolisian jika terjadi tindakan kejahatan. 

“Fitur lain yang terkait pelayanan publik adalah SKCK Hebat juga dapat dimanfaatkan masyarakat agar mendapat pelayanan yang mudah, murah dan cepat. Masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor polisi,” bebernya. 

Inovasi LIBAS, kata dia, terbukti dapat meningkatkan persentase kasus kejahatan yang berhasil diselesaikan dimana data pada tahun 2020 (sebelum adanya LIBAS), kasus yang diselesaikan hanya 53,2 persen, tahun 2021 meningkat menjadi 70,44 persen, tahun 2022 sebanyak 80,16 persen & 2023 triwulan I sudah mencapai 81,48 persen. Sementara itu, untuk pelayanan publik pada tahun 2020 (sebelum LIBAS) sejumlah 262.494, pada tahun 2021 meningkat menjadi 281.012, tahun 2022 302.677, dan tahun 2023 triwulan I sudah 127.059.

Tamu Mitra Polri, Edi Hasibuan mengatakan pantauan pihaknya masyarakat Kota Semarang  banyak memanfaatkan aplikasi informasi dari Kepolisian ini. 

"Selama ini kalau kita lihat cukup banyak, masyarakat mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan kepada Polri khususnya Polrestabes Semarang," kata Edi

Dia menyebut aplikasi LIBAS sangat dekat dengan masyarakat. 

"aplikasi LIBAS ini sudah memasyarakat. Sudah dikenal akrab oleh masyarakat. Bahkan dari catatan akhir kita kemarin ada 200 ribu masyarakat sudah menggunakam aplikasi ini," jelasnya. 

aplikasi Polisi Hebat Semarang (LIBAS) merupakan inisiasi KaPolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar. Aplikas ini menjadi satu-satunya program yang menjadi harapan Polri di Top 99 Finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, KaPolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dan Karo Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Srena Polri Brigjen Pol Mas Gunarso mempresentasikan aplikasi LIBAS kepada LKPP KemenpanRB 2023 di hadapan 10 Panelis Independen. 

Penyampaian ini dilakukan secara virtual di ruang Kendali aplikasi LIBAS Presisi Command Center (PCC) Polrestabes Semarang, Senin (17/7/2023).

***

tags: #kompetisi inovasi pelayanan publik #polrestabes semarang #libas #kombes pol irwan anwar #aplikasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI