Beredar Info Biaya Transfer Antar Bank Rp0, BCA Pastikan Itu Penipuan

Jika nasabah mengikuti langkah untuk sign up. diduga data-data yang ada di handphone bisa diretas. 

Jumat, 28 Juli 2023 | 11:26 WIB - Ekonomi
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan modus penipuan melalui media sosial. Salah satunya yakni iklan soal biaya tranfer di PT Bank Central Asia (BCA) Rp0 alias gratis yang muncul di media sosial.

Dilansir dari berbagai sumber informasi yang mengatasnamakan BCA itu tak hanya muncul dalam iklan di media sosial seperti Instagram, tetapi juga di grup-grup WhatsApp. 

BERITA TERKAIT:
Gandeng BCA yang Dikenal Ramah, Bapas Semarang Gelar Pelatihan “Hospitality” untuk Para Pegawai
BCA Peringatkan Nasabah Untuk Tidak Klik Apapun saat Muncul Notifikasi Virus di Aplikasi Mobile Banking
Beredar Info Biaya Transfer Antar Bank Rp0, BCA Pastikan Itu Penipuan
22 Bank Ini Berlakukan Biaya Transaksi Lintas Bank Lebih Murah
Desa Wisata Pagak Banjarnegara, Masuk Nomonasi 20 Besar BCA Desa Wisata Award 2021

Tertulis jika nasabah BCA bisa melakukan transfer antar bank dengan biaya Rp0 alias gratis. Jika nasabah mengikuti langkah untuk sign up. diduga data-data yang ada di handphone bisa diretas. 

Pihak BCA pun buka suara mengenai informasi tersebut. Pihak manajemen menegaskan jika informasi tersebut tidak benar. 

"Adapun informasi yang diklaim sebagai data dari BCA, setelah kami lakukan pengecekan, dapat kami sampaikan bahwa data yang diklaim beredar tersebut berbeda dengan data yang dimiliki oleh BCA," kata Manajemen BCA dalam keterangan resminya, Jumat (28/7/2023).

Selanjutnya, aplikasi mobile dan website myBCA hanya dapat diakses nasabah dengan menggunakan BCA ID dan password yang dibuat dan diketahui oleh nasabah sendiri. Untuk melakukan transaksi finansial di aplikasi mobile myBCA, nasabah harus memasukkan PIN yang hanya diketahui oleh nasabah.

Adapun untuk melakukan transaksi finansial di website myBCA, nasabah harus memasukkan One Time Password (OTP) dari token KeyBCA.

BCA kembali menegaskan hingga saat informasi ini disampaikan, tidak ada nasabah yang mengalami kerugian finansial di tengah ramainya informasi hoax dan klaim oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

BCA mengimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA dan berbagai modus penipuan yang bertujuan untuk mengetahui data nasabah. 

Dengan demikian, nasabah jangan pernah membagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti BCA ID, password, _One Time Password (OTP), nomor kartu ATM, Personal Identification Number (PIN), kepada siapapun. Nasabah juga diharapkan mengubah PIN dan password secara berkala.

***

tags: #bca #penipuan #rekening #transfer

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI