Gerakan Pangan Murah di Kudus, Beras Tiga Ton Dijual Rp10.400 per Kilo Habis dalam Satu Jam 

Mengingat harganya yang masih tinggi, beras pun menjadi barang yang paling banyak diburu pengunjung. 

Senin, 16 Oktober 2023 | 17:45 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus mengadakan Gerakan Pangan Murah, Senin (16/10). Dalam kegiatan tersebut tiga ton beras ludes dalam waktu satu jam. 

Kegiatan ini juga memperingati Hari Pangan Sedunia 2023. Tersedia beragam bahan pokok yaitu minyak goreng, gula pasir, dan telur ayam serta beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). 

BERITA TERKAIT:
15.600 Orang di Kudus Nganggur, Ini Kata Pemkab? 
Petugas Ponpes di Kudus Ditetapkan Tersangka dalam Kasus Kekerasan Santri
Polisi Dalami Kasus Kekerasan di Ponpes Kudus, Tangan Santri Melepuh Dicelupkan Air Mendidih 
Santri di Kudus Dianiaya karena Ketahuan Merokok, Tangan Dicelup ke Air Mendidih hingga Melepuh
Makin Sedikit! Golongan Darah O di PMI Kudus Tersisa 35 Kantong

Mengingat harganya yang masih tinggi, beras pun menjadi barang yang paling banyak diburu pengunjung. Staf Gudang Bulog Kaliwungu Kudus, Deny Hermawan menyatakan, tiga ton beras SPHP yang dibawanya dalam Gerakan Pangan Murah habis diserbu pembeli. 

Kata dia, pelayanan kepada pembeli dibuka pukul 07.00, namun masyarakat sudah antre sejak pukul 06.00 WIB. 

Secara singkat, 3 ton beras SPHP habis terjual pukul 08.00 WIB, atau kurang lebih satu jam sejak pelayanan dibuka.

Pihaknya sampai harus mengambil tambahan alokasi beras SPHP 2 ton lagi di Gudang Bulog Kaliwungu lantaran animo masyarakat yang begitu tinggi.

Deny Hermawan memastikan, saat ini stok beras di Gudang Bulog Kaliwungu Kudus mencapai 3.000 ton, diperkirakan aman untuk cadangan pangan hingga akhir 2023. Sementara alokasi beras untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) SPHP masih ada 60 ton.

"beras SPHP harga per 5 kilogram Rp 52.000. Per kilogramnya di angka Rp 10.400, jenis beras medium. Masih ada sekitar 60 ton untuk kegiatan SPHP seperti kegiatan bazar atau Gerakan Pangan Murah," terang dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Didik Tri Prasetya menjelaskan, dalam Gerakan Pangan Murah kali ini disediakan beras SPHP 3 ton, beras PUPM 1,5 ton, beras gapoktan 1 ton, bawang putih, bawang merah, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

beras SPHP dijual Rp 10.400/kg, beras PUPM Rp 11.800/kg, beras gapoktan Rp 11.800/kg. Sementara bawang putih Rp 32.000/kg, bawang merah Rp 18.000/kg, telur ayam Rp 23.000/kg, gula pasir Rp 14.000/kg, minyak goreng Rp 13.500/liter.

"beras SPHP 3 ton ini langsung ludes, sehingga ditambah lagi 2 ton karena harganya lebih murah selisih Rp 3.000 dari pasaran," ujarnya. 

Dia menyebut, Gerakan Pangan Murah ini dilakukan rutin setiap bulannya. Kali ini bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia dipusatkan di depan Kantor Dispertan Kudus.

Gerakan Pangan Murah dilakukan serentak seluruh Indonesia. Dalam rangka mengendalikan laju inflasi, memotong rantai distribusi pangan, serta stabilisasi pasokan dan harga pangan di daerah.


 

***

tags: #kudus #beras #dinas pertanian dan pangan #hari pangan sedunia #gerakan pangan murah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI