Nataru, KAI Daop 4 Semarang Kerahkan 133 Kereta dan 2.777 Personil

Momen nataru tahun ini yang perlu diwaspadai adalah kondisi cuaca yang ekstrim.

Sabtu, 23 Desember 2023 | 06:03 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - PT KAI Daop 4 Semarang mempersiapkan diri dalam rangka angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru). Diantaranya, dari segi armada maupun personil.

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Daniel Johannes Hutabarat mengatakan dari aspek sarana, Daop 4 Semarang telah mengoptimalkan seluruh armadanya (16 lokomotif dan 133 kereta) yang digunakan untuk 33 kereta keberangkatan awal dari Daop 4 Semarang dengan kapasitas berjumlah 322.488 tempat duduk atau rata-rata 17.916 tempat duduk per harinya.

BERITA TERKAIT:
Selama Nataru, KAI Daop 4 Layani 402 Ribu Penumpang
Puncak Arus Balik, 38 Ribu Kendaraan Melintas di Kalikangkung Semarang
Walikota Semarang Minta Semua Pihak Antisipasi Kemacetan Puncak Arus Balik Nataru
Kepala Basarnas Kunjungi Posko SAR Nataru di Kalikangkung Semarang
KAI Daop 4 Semarang Sediakan Tarif Khusus selama Nataru, Berikut Cara dan Rutenya

"Hal tersebut meningkat dari program sebelumnya yang 17.402 tempat duduk per hari," kata Daniel, Jumat (22/12).

Karena pada momen libur Nataru tahun ini, Daop 4 memaksimalkan stamformasi beberapa kereya keberangkatan Daop 4 Semarang, diantaranya: KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir pp yang semula membawa 8 kereta eksekutif menjadi 9 kereta, KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Pasar Senen pp yang semula membawa 6 kereta ekonomi new image menjadi 8 kereta, dan KA Kaligung relasi Semarang Poncol - Tegal - Brebes pp yang semula membawa 6 kereta ekonomi new image menjadi 7 kereta.

“KAI memaksimalkan pelayanan semua moda dengan penambahan stamformasi pada kereta api dalam rangka memenuhi kebutuhan para pelanggan untuk mendukung liburan Nataru yang ceria, nyaman dan berkesan,” tambahnya.

Sedangkan volume penumpang yang naik menggunakan moda transportasi kereta api selama periode masa Angkutan Nataru 2023/2024 di wilayah Daop 4 Semarang diprediksi sebanyak 361.248 penumpang, atau naik 28% dibanding periode yang sama masa Angkutan Nataru 2022/2023 sebanyak 281.146 penumpang.

Lalu dari aspek SDM, KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 2.777 personil untuk melayani pelanggan dan memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan kereta api khususnya di peak season ini.

"Terdapat 117 petugas jalur dan 5 petugas jalur ekstra, 111 petugas penjaga perlintasan sebidang dan 19 petugas penjaga perlintasan sebidang ekstra, 30 petugas daerah rawan, serta 205 petugas flying gank yang disiagakan di seluruh lintas Daop 4 Semarang sepanjang 667 km untuk memantau apabila terjadi rintang jalan yang bisa menghambat perjalanan kereta," jelasnya.

Momen Nataru tahun ini yang perlu diwaspadai adalah kondisi cuaca yang ekstrim, sehingga KAI berkomitmen untuk melakukan pemantauan dan pengawasan langsung dengan menerjunkan petugas pada daerah pantauan khusus yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

***

tags: #nataru #pt kai daop 4 semarang #cuaca ekstrim #daniel johannes hutabarat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI