Pelayanan Publik Disdukcapil Kebumen Raih Opini Kualitas Tertinggi dari Ombudsman

Disdukcapil memang bukan pelayanan dasar, tapi Disdukcapil merupakan dasar dari semua pelayanan.

Kamis, 28 Desember 2023 | 06:35 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Kebumen- pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kebumen, termasuk salah satu pelayanan yang mendapat penilaian langsung dari Ombudsman RI, dan dinilai masuk zona hijau atau mendapat opini kualitas tertinggi dengan total nilai 91,72 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Anna Ratnawati mengaku bersyukur, Disdukcapil termasuk salah satu pelayanan dinas di Kebumen yang mendapat penilaian langsung dari Ombudsman. Bahkan berhasil masuk dalam zona hijau atau mendapat opini kualitas tertinggi.

BERITA TERKAIT:
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Sumarno: Pemprov Jateng Genjot Inovasi
Inisiasikan Mystery Shopping Secara Mandiri, Rutan Kebumen Siap Raih WBK
Pemprov Riau Studi Lapangan ke Pemprov Jateng Pelajari Pelayanan Publik
KPK Beri Nilai Integritas Pemprov Jateng 77,91, Nana Sudjana: Pelayanan Publik Terus Ditingkatkan
Pembak Klaten Siapkan Platform Digital untuk Tingkatkan Layanan Publik

"Alhamdulillah yang patut kita syukuri, pelayanan masyarakat di Disdukcapil sekarang sudah masuk zona hijau dengan nilai kualitas tertinggi dari Ombudsman. Tentu ini berkat kerja keras bersama seluruh pegawai dalam penciptakan pelayanan yang baik," kata Anna dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Untuk mendapat penilaian tertinggi dari Ombudsman, menurutnya, tidaklah mudah. Ia menyebut aspek penilaiannya begitu ketat. Selain dipantau langsung di lapangan, Ombudsman juga melalukan rangkaian wawancara terhadap pegawai Disdukcapil. Termasuk kepala dinas, kabid, dan petugas pelayanan.

"Eselon II termasuk yang wajib diwawancarai, kalau sampai nggak. Maka langsung nilainya jeblok. Jadi kita ditanya semisal apa yang dimaksud mal administrasi, kemudian contoh mal administrasi itu apa? yang dimaksud standar pelayanan itu apa? pokoknya banyak macam-macam," terang Anna.

Standar pelayanan itu, tutur Anna harus ada moto, visi misi, layanan aduan, ada target, kecepatan, dan ketepatan. Kemudian harus ada layanan khusus bagi penyandang disabilitas, lansia, dan anak-anak. Dan yang penting, tidak ada pungutan liar. 

"Standar itu harus dalam setiap layanan baik di pemerintahan maupun swasta, Alhamdulillah di Disdukcapil sudah memakai standar itu. Kita punya moto, visi misi, ada layanan aduan/penilaian. Ada target dan kecapatan dan ketepatan, ada fasilitas untuk disabilitas, lansia, dan anak, kita juga punya," bebernya.

Tidak hanya itu, Disdukcapil juga melakukan inovasi atau pengembangan layanan. Misalnya dengan membuka layanan catatan sipil di Mal pelayanan publik (MPP). Lalu menyediakan mobil layanan keliling dengan sistem jemput bola. Baik di sekolah-sekolah, di setiap event-event, atau pun tempat-tempat strategis seperti alun-alun.

"Minggu pun kantor kita masih buka, dari jam 08.00 sampai jam 12.00. Kemudian kita punya layanan namanya Pesona Sunday Morning, jadi kita buka layanan di hari Minggu, biasanya di Alun-alun Kebumen dengan mengunakan mobil layanan. Masyarakat bisa langsung datang ke situ," ucapnya.

Anna menambahkan, pihaknya juga sudah menerapkan e-KTP digital. Hal itu dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan kemudian juga dalam rangka menyesuaikan kebutuhan masyarakat modern akan kebutuhan yang serba cepat dan serba instan.

“Bagi masyarakat umum yang mau mengurus KTP Digital bisa datang langsung ke posko KTP digital lantai dua kantor Disdukcapil Kebumen tanpa antri atau pada hari minggu di Sunday morning CFD, selain melayani pengurusan KTP Digital juga melayani pelayanan administrasi kependudukan lainnya," ujarnya. 

Menurut Anna, Disdukcapil memang bukan pelayanan dasar, tapi Disdukcapil merupakan dasar dari semua pelayanan. Karena itu, pelayanan yang baik dan prima merupakan suatu keharusan di Disdukcapil. Mengingat setiap harinya kantor ini selalu ramai dikunjungi setiap orang.

"Rata-rata setiap harinya kita melayani 600 orang. Itu di hari biasa. Kalau pas hari libur panjang kaya lebaran dan akhir tahun itu lebih banyak, ada kenaikan sampai 300 persen. Alhamdulillah sekarang kita sudah punya gedung baru di belakang, yang lebih nyaman dan memadai. Ini juga merupakan perbaikan dari layanan kita di Disdukcapil," tegas Anna.


 

***

tags: #pelayanan publik #kabupaten kebumen #ombudsman #dinas kependudukan dan pencatatan sipil

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI