Pastikan Kelanjutan Program Bantuan Pangan, Presiden Jokowi akan Terus Pantau APBN

Kegiatan penyerahan bantuan pangan tersebut menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu.

Rabu, 20 Maret 2024 | 14:07 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Singkawang- Pemerintah ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terus memantau ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna memastikan kelanjutan program bantuan pangan yang sampai saat ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Jokowi menyampaikan itu ketika mengunjungi Kompleks Pergudangan Bulog Kampung Melayu, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (20/3/2024). Kunjungan tersebut untuk meninjau ketersediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat penerima manfaat. "Nanti setelah Juni saya akan lihat lagi APBN kita, ada anggaran ndak," ucap Kepala Negara dalam keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (20/3). 

BERITA TERKAIT:
Pastikan Kelanjutan Program Bantuan Pangan, Presiden Jokowi akan Terus Pantau APBN
SPAM Semarang Barat Diresmikan Jokowi, Pilot Project Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Perpipaan
Presiden Jokowi Ajak Para Pengusaha Vietnam Berinvestasi di IKN
Presiden Jokowi Resmikan Enam Jembatan di Lintas Utara Jawa Tengah
Jokowi Panggil Menteri Bahas TikTok Shop

"Kalau ada akan diteruskan, tapi enggak janji, belum janji saya. Saya akan buka dulu supaya nanti bisa diteruskan sampai Desember. Tapi sekali lagi, dilihat dulu anggarannya ada atau tidak," sambung Jokowi.

Salah seorang penerima bantuan, bernama Ayu mengaku bersyukur atas bantuan pangan yang diberikan pemerintah. "Senang banget. Alhamdulillah sangat membantu untuk kenaikan harga pangan, seperti sekarang harga beras kan lumayan tinggi harganya, jadi adanya bantuan ini sangat membantu untuk kebutuhan rumah tangga saya dan suami," ujarnya.

Begitu juga dengan warga lainnya, yang bernama Maswah. Ia mengungkapkan bantuan tersebut meringankan beban hidupnya. Maswah berharap bantuan tersebut dapat terus dilanjutkan. "Sangat-sangat berharap dilanjutkan (bantuannya) karena ini sangat membantu kami dan kami pun sangat membutuhkannya," ucap Maswah.

Sedangkan, Paijan, seorang kuli bangunan mengaku antusias untuk bertemu dan bersalaman dengan Presiden Jokowi dan mengatakan bantuan pangan tersebut sangat membantu penghasilannya yang tidak menentu. "Bagi keluarga macam kami tentu cukup terbantu, karena penghasilan kami kan tidak tetap, kadang hadir, kadang tidak, dengan adanya bantuan kan merasa terbantu," bebernya.

Kegiatan penyerahan bantuan pangan tersebut menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu. Program bantuan pangan ini diharapkan terus berlanjut dan membawa dampak positif bagi lebih banyak masyarakat di masa yang akan datang.

Dalam penyerahan bantuan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Ketua Komisi V DPR RI Lassarus, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson, dan Pj Wali Kota Singkawang Sumastro.

***

tags: #presiden joko widodo #apbn #bantuan pangan #kalimantan barat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI