Ikan Hiu Muncul di Perairan Demak, Panjangnya Tiga Meter 

Hewan karnivora ini terlihat masuk ke perkampungan yang tergenang banjir air laut pasang atau rob.

Senin, 01 Juli 2024 | 17:08 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Demak - Warga di Morosari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dihebohkan oleh kemunculan seekor ikan hiu berukuran besar. 

Hewan karnivora ini terlihat masuk ke perkampungan yang tergenang banjir air laut pasang atau rob.

BERITA TERKAIT:
Ikan Hiu Muncul di Perairan Demak, Panjangnya Tiga Meter 
Warga Kaliwungu Kendal Heboh, Seekor Ikan Hiu Muncul di Pantai Ngebum 

ikan hiu yang panjangnya sekitar tiga meter itu berenang dari perairan utara menuju ke perkampungan penduduk. Pergerakannya dapat teramati dari jembatan bambu yang menghubungkan antar rumah warga.

Namun, setelah sekitar satu jam, predator laut ini terlihat berenang kembali ke arah laut.

"Warga tidak berusaha menangkapnya karena ukurannya yang besar dan takut akan bahaya, sehingga mereka hanya bisa melihat dari kejauhan," ujar Anwar, salah satu warga Morosari.

Pada 29 Juni 2019, peristiwa serupa juga menggegerkan warga Desa Buko, Kecamatan Wedung, Demak, ketika anak hiu tutul terjerat dalam jaring nelayan. Hiu tersebut kemudian dievakuasi dan dilepaskan kembali ke laut.

Perairan Laut Jawa dikenal sebagai habitat bagi hiu tutul, sehingga nelayan di Demak, Jepara, Pati, dan Rembang sering menemui ikan ini yang panjangnya bisa mencapai 9,5 meter. Namun, kemunculan ikan hiu di perkampungan yang terkena rob ini merupakan kejadian pertama kali tercatat.


 

***

tags: #ikan hiu #demak #sayung

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI