Band Radja Laporkan Kanal YouTube Milik Anji ke Polisi atas Kasus Pencemaran Nama Baik

Sunan juga menegaskan bahwa yang dilaporkan adalah kanal YouTube Dunia MANJI, bukan sang pemilik, Anji.

Selasa, 15 Agustus 2023 | 14:58 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

BAND Radja melaporkan kanal YouTube milik Anji, Dunia MAnji, ke polisi atas kasus pencemaran nama baik. Hal ini merupakan buntut dari tayangan kanal YouTube Dunia MAnji soal polemik lagu Cinderella.

Band Radja bersama Kuasa hukum mereka, Sunan Kalijaga, mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin (14/8/2023) untuk melaporkan hal tersebut. Disebutkan Sunan, atas konten yang ditayangkan kanal YouTube Dunia MAnji, band Radja dibanjiri hujatan dan makian atas hal yang belum jelas kebenarannya.

BERITA TERKAIT:
Buntut Polemik Lagu Cinderella, Band Radja Laporkan Kanal YouTube Dunia MANJI
Band Radja Laporkan Kanal YouTube Milik Anji ke Polisi atas Kasus Pencemaran Nama Baik

"Kami melaporkan adanya dugaan pencemaran nama baik melalui salah satu akun YouTube yang membuat Radja tercemar bahkan diboikot, dihina, dimaki oleh masyarakat yang tidak tahu apa sih yang sebenarnya terjadi," kata Sunan.

Sunan juga menegaskan bahwa yang dilaporkan adalah kanal YouTube Dunia MAnji, bukan sang pemilik, Anji. Menurut Sunan, permasalahan memang berawal dari unggahan kanal tersebut.

 

"Yang kami laporkan di sini akun YouTube dunia MAnji. Kami melaporkan YouTube dunia MAnji karena di sinilah asal muasal atau pangkalnya kegaduhan yang terjadi yang menyebabkan klien kami, band Radja, diboikot dan dirugikan," lanjutnya.

Pihaknya melaporkan kanal YouTube Dunia MAnji dengan UU ITE atas dugaan pelanggaran penyebaran konten di media sosial. Laporan itu teregister dengan nomor LP/B 4764/VIII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA atas nama pelapor Rana Arinansyah selaku manajemen band Radja.

"Dari dunia MAnji juga enggak ada konfirmasi apa-apa ke kami. Masalahnya di situ yang kami sayangkan, main upload dan membentuk opini publik seolah Radja itu maling. Seolah Radja itu pencuri. Ada bukti enggak?" kata gitaris Radja, Moldy.

"Intinya, Radja tidak terima atas dunia MAnji yang menghadirkan narsum tidak valid." lanjut Moldy.

Kisruh ini berawal ketika kanal YouTube Dunia MAnji menghadirkan seseorang bernama Ipay. Di sana, Ipay mengklaim dirinya sebagai pencipta asli lagu Cinderella milik Radja.

Ipay menyebut lagu itu sudah ia buat dan garap bersama bandnya sejak 1996. Ia menuding Radja melakukan klaim palsu atas penciptaan lagu Cinderella yang populer pada 2004.

***

tags: #radja #anji #pencemaran nama baik #cinderella #uu ite

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI