"Saranjana: Kota Ghaib", Urband Legend yang Kini Diangkat Jadi Film Bioskop

Banyak rumor yang menjelaskan bahwa kota yang berada di Pulau Kalimantan ini merupakan kota gaib atau tidak benar-benar ada.

Selasa, 12 September 2023 | 11:34 WIB - Layar
Penulis: - . Editor: Muyassaroh

SETELAH sekian lama menjadi perbincangan masyarakat, kisah misteri Kota Saranjana kini akan diangkat menjadi sebuah film. Bertajuk "Saranjana: Kota Ghaib", film ini akan menceritakan kisah horor dari tanah Kalimantan.

Seperti diketahui, sejak dulu Kota Saranjana sudah menjadi misteri yang belum terpecahkan di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak rumor yang menjelaskan bahwa kota yang berada di Pulau Kalimantan ini merupakan kota gaib atau tidak benar-benar ada.

BERITA TERKAIT:
Trailer Film "Saranjana: Kota Ghaib Dirilis", Warganet Protes: Katanya Kota Canggih, Kok Ada Pocong?
"Saranjana: Kota Ghaib", Urband Legend yang Kini Diangkat Jadi Film Bioskop

Kisah kota gaib ini pun mendatangakan minat tersendiri bagi masyarakat di luar pulau Kalimantan. Mereka berusaha mencari tahu fakta lebih dalam mengenai kota gaib ini. 

Terbaru, cerita misteri kota gaib Saranjana diangkat menjadi film layar lebar yang disutradarai oleh Johansyah Jumberan. Ia sebagai salah satu masyarakat Kalimantan Selatan ingin berbagi kisah tentang kota gaib yang ada di kampung halamannya. 

Johansyah Jumberan kemudian menjelaskan mengapa dirinya mengambil genre horor dengan kisah "Saranjana: Kota Ghaib" yang mengeksplorasi kekayaan budaya dan adat istiadat dari Kalimantan.

 

"Saranjana menurut saya genre horor yang sangat berbeda karena kebanyakan horor kan dari Jawa atau Sunda, nah kalau ini original dari dari Kalimantan, dan semua memang semuanya berkaitan gitu," kata Johansyah Jumberan saat jumpa pers di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin ( 11/9/2023).

"History-nya sangat terkait ya dengan tiga kabupaten di Kalimantan, tempat kita syuting," lanjutnya.

Melalui film Saranjana ini, Johansyah ingin berbagi kisah dan adat istiadat dari Kalimantan Selatan. Ia ingin masyarakat mengenal dan mengetahui budaya dari Kalimantan.

"Iya, karena Kalimantan kan kalau drama series itu banyak (dari Kalimantan). Kalau Saranjana itu orang tahunya Kalimantan kan. Nah lewat kesempatan ini saya mau kasih tau kalau Kalimantan sebenarnya seperti ini," tutur Johansyah.

Adapun film Saranjana ini diperankan oleh beberapa artis muda yaitu Adinda Azani, Lutfi Aulia, Irzan Faiq, Betari Ayu, dan masih banyak lagi.

Film ini akan tayang di semua bioskop seluruh Indonesia pada 26 Oktober 2023. Bukan hanya itu saja, film ini juga akan tayang di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar pada bulan November 2023.*

*Penulis: wartawan magang KUASAKATACOM Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #saranjana: kota ghaib #kota saranjana #film horor #kalimantan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI