Trailer Film "Saranjana: Kota Ghaib Dirilis", Warganet Protes: Katanya Kota Canggih, Kok Ada Pocong?

Mereka berekspektasi bahwa film yang mengangkat cerita Kota Saranjana ini akan menggambarkan bagaimana canggihnya kota tersebut.

Selasa, 12 September 2023 | 12:40 WIB - Layar
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

trailer film bioskop terbaru "Saranjana: Kota Ghaib" telah dirilis pada Senin (11/9/2023). Alih-alih sambutan hangat, trailer film produksi DHF Entertainment itu justru banjir protes dari warganet.

Untuk diketahui, belakangan ini Kota Saranjana memang menjadi salah satu topik yang menarik banyak atensi warganet. Kota yang berada di Kalimantan ini digambarkan sebagai kota masa depan dengan berbagai alat dan gedung canggihnya serta dihuni oleh makhluk asing. 

BERITA TERKAIT:
Trailer Film "Saranjana: Kota Ghaib Dirilis", Warganet Protes: Katanya Kota Canggih, Kok Ada Pocong?
"Saranjana: Kota Ghaib", Urband Legend yang Kini Diangkat Jadi Film Bioskop

Urband legend ini awalnya hanya berkembang di Kalimantan. Namun, seiring maraknya penggunaan media sosial, Kota Saranjana sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Karena hal inilah, banyak yang penasaran dengan penampakan Kota Saranjana. Hal inilah yang barangkali menjadi inspirasi sutradara Johansyah Jumberan mengangkat urband legend ini menjadi sebuah film.

Ia sebagai salah satu masyarakat Kalimantan Selatan ingin berbagi kisah tentang kota gaib yang ada di kampung halamannya. Johansyah Jumberan kemudian menjelaskan mengapa dirinya mengambil genre horor dengan kisah "Saranjana: Kota Ghaib" yang mengeksplorasi kekayaan budaya dan adat istiadat dari Kalimantan.

"Saranjana menurut saya genre horor yang sangat berbeda karena kebanyakan horor kan dari Jawa atau Sunda, nah kalau ini original dari dari Kalimantan, dan semua memang semuanya berkaitan gitu," kata Johansyah Jumberan saat jumpa pers di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin ( 11/9/2023).

 

Namun, alih-alih mendapat sambutan hangat, film ini justru menuai protes dari warganetdi platform X. Mereka berekspektasi bahwa film yang mengangkat cerita Kota Saranjana ini akan menggambarkan bagaimana canggihnya kota tersebut.

"Mana kotanya? Yg penasaran kan sama kotanya katanya disana lebih maju. Malah dikasi pocong cuk," komentar akun @eobongi***.

"Aneh bener ini :/ belum lama ada thread yg yakin klo Saranjana ada dan kota canggih. Tp ini film horror, ada pocongnya sama gamelan nyasar," ungkap akun @fajar***.

"Bjir fokusnya malah horror. Kalo mau pocong-pocongan mah kaga usah jauh-jauh ke Saranjana. Serasa minjem namanya doang ini. Jatuhnya sama aja, jadi film horror medioker," tulis akun @woad***.

"Saranjana seharusnya menjadi film aksi fantasi ilmiah, tapi kalian membuatnya menjadi film horor membosankan," ujar akun @luv***.

"ktnya saranjana itu kota masa dpan dgn teknologi cnggih mrip wakanda/atlantis. lah ini kok pnggambarannya jd kya desa horor. gjls," kata akun @tianr***.

"Lah kota maju ko ada pocong. Aneh nih filem.. mestinya teknologi maju dan canggih yg di liatin.. kaya mobil terbang gitu. Kecewa ini mah," timpal akun @janua***.

***

tags: #saranjana: kota ghaib #kota saranjana #film horor #canggih #trailer

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI