Pohon Birch perak. (Foto: Istimewa)

Pohon Birch perak. (Foto: Istimewa)

Ilmuwan di Jerman Temukan Pohon yang Bisa Serap Mikroplastik

Birch Perak selama ini memang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman di dunia yang kerap dimanfaatkan untuk program reboisasi.

Senin, 28 Februari 2022 | 15:01 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Berlin - Seorang ilmuwan dari Leibniz Institute for Freshwater Ecology and Inland Fisheries, Jerman baru-baru ini diketahui telah berhasil menemukan partikel plastik berukuran mikro di akar tanaman. 

Partikel berukuran 5 dan 10 mikrometer itu ditemukan meresap ke dalam akar Birch Perak (Betula pendula), yang sebuah jenis pohon endemik Eropa dan beberapa wilayah Asia.

BERITA TERKAIT:
Pria yang Paku Kucing di Pohon Tidak Ditahan, Ini Penjelasan Polisi
Kejam! Kucing di Malang Dipaku di Pohon hingga Mati
ABC Lanjutkan Program Penanaman 1.000 pohon, Dukung Konservasi Hutan dan Daerah Tangkapan Air di Jatim 
Pohon 100 Tahun di Bali Ditebang Demi Beach Club Baru, Warganet Heboh Mengecam
Orang Jepang Menjaganya, Wisatawan Indonesia Merusaknya! Sebenarnya Bagaima Etika terhadap Pohon Sakura 

Sebagaimana diketahui, Birch Perak selama ini memang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman di dunia yang kerap dimanfaatkan untuk program reboisasi.

Menurut sang ilmuwan, Kat Austen tanaman ini memiliki jaringan yang mampu mengasingkan polutan industri, dan komunitas mikroba di dalamnya yang dapat mengurai hidrokarbon poliaromatik dan logam berat. 

"Di lingkungan alam Eurasia dan Amerika Utara yang beriklim sedang, pohon Birch merambah dengan cepat dan menstabilkan lahan yang terganggu," katanya, seperti dilansir dari Sci News.

Berangkat dari pengetahuan itulah Austen lantas dapat menemukan partikel plastikmikro di akar pohon Birch Perak. Kisahnya berawal dari uji coba pada bibit pohon tersebut yang ditanam dalam pot, dimana permukaan tanahnya sengaja dikontaminasi mikroplastik

Setelah lima bulan, akar tanaman tersebut kemudian dinalisis menggunakan mikroskop fluoresensi, yang mampu mengubah obyek amatan, atau dalam hal ini mikroplastik, menjadi sumber cahaya atau tampak menyala. 

Secara keseluruhan, ada 64 bagian akar yang diamati Austen, yang mana enam diantaranya telah menyerap plastikmikro. Rentang kontaminasi pada akar dua pohon percobaan mencapai 5-17 %. 

“Hasil ujicoba menunjukkan bahwa penyerapan dan penyimpanan plastikmikro di pohon Birch ini masih memerlukan studi lanjut. Karena indikasi dari studi gandum dan selada, ketetpaparan partikel melalui ukuran yang lebih kecil dari 0,2-2 mirkrometer. Ini menunjukkan bahwa tingkat inklusi mikroplastik dalam kisaran ukuran submikrometer di akar pohon Birch mungkin akan jauh lebih tinggi," terangnya. 

Menurut Austen, temuan kali ini nantinya akan menjadi salah satu batu pijakan terkait penelitian mikroplastik dan akar tanaman di masa yang akan datang. Temuan ini beberapa waktu lalu juga sudah pernah ia terbitkan untuk jurnal Science of The Total Environment.

***

tags: #pohon #birch perak #plastik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI