Pohon 100 Tahun di Bali Ditebang Demi Beach Club Baru, Warganet Heboh Mengecam

Ternyata, penebangan pohon besar yang berusia ratusan tahun itu terjadi di Kawasan Seseh, Kabupaten Badung, Bali.

Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:37 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Media sosial tengah dihebohkan dengan video penebangan sebuah pohon berusia 100 tahun demi pembangunan beach club baru di Bali

Video ini diposting oleh akun Instagram @ahquote.  Akun tersebut memposting ulang video dari akun @therahayuproject, yang membuat dokumentasi proses penebangan pohon berumur 100 tahun tersebut.

BERITA TERKAIT:
Pria yang Paku Kucing di Pohon Tidak Ditahan, Ini Penjelasan Polisi
Kejam! Kucing di Malang Dipaku di Pohon hingga Mati
ABC Lanjutkan Program Penanaman 1.000 pohon, Dukung Konservasi Hutan dan Daerah Tangkapan Air di Jatim 
Pohon 100 Tahun di Bali Ditebang Demi Beach Club Baru, Warganet Heboh Mengecam
Orang Jepang Menjaganya, Wisatawan Indonesia Merusaknya! Sebenarnya Bagaima Etika terhadap Pohon Sakura 

Dalam video yang diunggah, disampaikan cerita bahwa pohon yang telah hidup ratusan tahun itu ditebang untuk proyek pembangunan beach club baru di Bali.

Di dalam video terlihat beberapa pekerja menggunakan mesin gergaji kayu untuk menebang pohon dengan diameter yang cukup besar.

Ternyata, penebangan pohon besar yang berusia ratusan tahun itu terjadi di Kawasan Seseh, Kabupaten Badung, Bali.

Video tersebut segera memicu berbagai komentar dari warganet.

Warganet sontak tidak setuju dengan adanya penebangan itu, hanya karena ingin dibuat beach club sampai rela menebang sumber oksigen selama ratusan tahun itu.

"Cuma buat beach club rela nebang pohon yang udah ngasih kita oksigen sehat selama ratusan tahun, gila ga penting banget," tulis akun @mikhayla_fira.

Banjir komentar buruk terhadap postingan itu kerap membuat netizen marah, seharusnya mencari solusi lain agar pohon tersebut tetap ada dan tidak ditebang.

"Harusnya siapapun arsitek yang mendesain, membuat bangunan yang mengitari pohon, bukan menebang, bisa bagus juga kok," tulis akun @carolusbagas.

Walaupun bisa berisiko tumbang, lebih baik untuk mencari tempat lain yang bisa dijadikan lahan untuk pembuatan beach club.

Unggahan tersebut menjadi viral dan telah dilihat oleh 1,6 juta orang, mendapatkan 36,9 ribu tanda suka, dan menerima 493 ribu komentar.

penebangan pohon berusia 100 tahun di Bali bisa berdampak negatif terhadap lingkungan dan budaya Bali.

Oleh karena itu, penting untuk mempromosikan praktik pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan melindungi pohon-pohon tua yang penting bagi ekosistem dan budaya Bali.


 

***

tags: #pohon #bali #penebangan #beach club

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI