Sidak Harga Kebutuhan Pokok, Bupati Kendal; Kenaikan Masih Wajar 

Menurutnya harga kebutuhan pokok di dua pasar masih wajar karena tidak mengalami kenaikan yang tinggi dan masih bisa dijangkau masyarakat.

Jumat, 22 April 2022 | 13:46 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kendal - Bupati Kendal dan Wakil Bupati Kendal melakukan sidak di sejumlah Pasar tradisional untuk memantau harga-kebutuhan-pokok'>harga kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan menjelang Lebaran baru-baru ini. 

Dalam sidak tersebut, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengecek berbagai macam ketersediaan dan harga bahan pokok seperti daging sapi, daging ayam, dan kebutuhan pokok lainnya. Dia juga sempat menanyakan kenaikan harga-kebutuhan-pokok'>harga kebutuhan pokok ke sejumlah pedagang yang ada di Pasar Cepiring dan Pasar Kendal.

BERITA TERKAIT:
Mobil Ludes Terbakar di Kendal, Diduga Ada Unsur Kesengajaan 
Komitmen Perkuat Pengamanan, Lapas Terbuka Kendal Gelar In House Training Back To Basic
Wartawan Gadungan Peras Kepsek di Weleri Kendal, Minta Uang Rp4,5 Juta
Pemkab Kendal Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran 
Usai Insiden Kecelakaan, KAI Daop 4 Semarang Tutup Perlintasan Sebidang di Kendal

"Hasil pantauan kami di dua Pasar Cepiring dan Kendal ingin memastikan harga-kebutuhan-pokok'>harga kebutuhan pokok apakah naik atau tidak. Saat ini memang beberapa komoditas bahan kebutuhan pokok mulai naik seperti bawang merah, daging, beras ketan juga naik dan ada beberapa yang memang naik," kata Dico saat sidak di Pasar Kendal.

Menurutnya harga-kebutuhan-pokok'>harga kebutuhan pokok di dua Pasar masih wajar karena tidak mengalami kenaikan yang tinggi dan masih bisa dijangkau masyarakat.

"harga-harga-kebutuhan-pokok'>harga kebutuhan pokok memang naik menjelang Lebaran namun kenaikannya tidak terlalu tinggi dan masih wajar. Jadi masyarakat bisa menjangkau membelinya," ungkapnya.

Dalam pantauan tersebut DIco mengaku tidak menemukan adanya makanan kadaluarsa ataupun makanan dengan kandungan zat berbahaya. 

Terkait stok bahan pangan, Dico menambahkan saat ini stok bahan pangan masih aman sampai idul fitri dan tidak ada kekurangan. Selain itu semua pedagang pun juga tidak ada yang dibatasi untuk membeli dari produsen.

"Stok pangan masih cukup dan aman hingga idul fitri, sehingga masyarakat tidak perlu kuatir. Begitu juga bagi pedagang yang ingin beli barang dari produsen tidak dibatasi," tambahnya.

Kabid Perdagangan, Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal Abdul Aziz mengatakan kenaikan harga yang terjadi pada bahan-bahan pokok dinilai masih dalam tingkat kewajaran, karena kenaikan hanya berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

"Kalau naiknya Rp 1.000 sampai Rp 2.000 naiknya masih di batas kewajaran. Yang naik di antaranya cabai teropong kemarin Rp 31.000 sekarang jadi Rp 32.500, telur kemarin masih Rp 24.000 sekarang Rp 25.000, daging harganya masih tetap yang kualitas super itu Rp 130.000 per kilo," kata Kabid Perdagangan Disdag Kendal, Abdul Aziz.

Ketersediaan bahan pokok juga masih cukup aman hingga tiga bulan ke depan karena apabila terjadi kekosongan barang langsung barang datang.

"Stok bahan pokok cukup aman hingga tiga bulan ke depan. Barangnya tidak di stok, begitu barang habis langsung barang datang. Sebenarnya pantauan ini dalam rangka untuk peningkatan perekonomian di Kabupaten Kendal yang selama ini dianggap ada laporan kenaikan harga, namun sebenarnya tidak begitu signifikan karena naiknya masih Rp 1.000 dan itu masih di batas kewajaran," tambahnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Tradisional Kendal, Suwarti mengatakan harga ayam sejak dua minggu terakhir mengalami kenaikan karena minimnya pasokan ayam potong.

"Ayam sayur sekarang Rp 38.000 sebelumnya Rp 34.000, untuk ayam kampung Rp 80.000 sebelumnya Rp 65.000, ayam merah Rp 60.000 sebelumnya Rp 55.000," katanya.

Suwarti hanya berharap harga daging ayam tidak mengalami kenaikan lagi seminggu menjelang lebaran. Apalagi jika stok daging ayam mulai minim tentunya akan mempengaruhi harga daging ayam.

"Kalau stoknya minim ya tentunya harga daging ayam tambah mahal. Saya cuma berharap harga daging ayam tidak naik lagi menjelang lebaran apalagi seminggu nanti," pungkasnya.

***

tags: #kendal #pasar #harga kebutuhan pokok #bupati kendal dico m ganinduto #harga

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI