Ilustrasi air zamzam. Foto: Istimewa.

Ilustrasi air zamzam. Foto: Istimewa.

Musim Haji Tahun Depan, Menag Bakal Upayakan Zamzam Lebih 5 Liter

Jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup.

Senin, 18 Juli 2022 | 09:29 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makkah - Kementerian Agama (KeMenag) telah menyiapkan prosesi penyambutan sehingga jemaah bisa lebih Fresh dan kembali ke rumah bisa bahagia. Jemaah juga akan langsung mendapatkan lima liter air zamzam setiba di asrama haji.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan Zamzam lebih dari 5 liter.

BERITA TERKAIT:
Alhamdulillah, Keluarga Jamaah Haji yang Wafat Tetap Dapat Air Zamzam
Jamaah Haji Dilarang Masukkan Air Zamzam dalam Koper Bagasi
Saat Pulang ke Tanah Air Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi
Alhamdulillah, Jemaah Haji Indonesia Disambut Air Zamzam Gratis Setiba di Jeddah
Sebanyak 90 Ribu Galon Air Zamzam Tambahan Dikirim ke Indonesia

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” kata Menag usai berkeliling Masjidil Haram untuk mengecek jemaah haji, Minggu (17/7/2022) dini hari.

Usai rangkaian haji, Gus Men mengaku akan kembali ke Arab Saudi untuk bertemu menteri Haji. Salah satunya untuk minta jarah lebih Zamzam untuk jemaah Indonesia.

“Setelah semua proses ibadah selesai jemaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” ujarnya.

Bagi jemaah Indonesia, jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Ini pula yang membuat banyak jemaah yang tetap nekat memasukkan Zamzam ke dalam koper.

“Mengapa jemaah memaksa bawa Zamzam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jemaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas. Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jemaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” tukasnya.

***

tags: #air zamzam #menag #yaqut cholil qoumas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI