Kominfo Blokir Steam dan Beberapa Platform Lainnya, Berikut Alasannya 

Faktor penyebab pemblokiran adalah platform tersebut belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkungan Privat di Indonesia. 

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:37 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir platform distribusi game Steam, Epic Games, dan beberapa platform lainya pada Sabtu (30/7/2022).

Salah satu faktor penyebab pemblokiran adalah platform tersebut belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkungan Privat di Indonesia. 

BERITA TERKAIT:
Bawaslu Perintahkan Jajarannya Laporkan Akun Bermasalah dalam Pemilu ke Kominfo
Kominfo Putus 846.047 Konten Judi Online
Dipanggil Kejagung soal Kasus Korupsi BTS, Menpora: Saya Tidak Tahu Apa-apa
Kasus Korupsi Pengadaan BTS Kominfo, Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka, Begini Tampangnya
Ayo Menonton Siaran Digital, Berikut Rekomendasi STB yang Bersertifikasi Kominfo

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019, PSE adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan atau mengoperasikan sistem elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada pengguna sistem elektronik untuk keperluan dirinya dan atau keperluan pihak lain.

Kominfo sendiri telah membuat aturan baru terhadap sejumlah platform untuk mendaftarkan diri sesuai aturan yang ada dalam PermenKominfo Nomor 5 Tahun 2022 tentang PSE Lingkup Privat.

Pemblokiran oleh Kominfo tidak bersifat selamanya, namun hanya menunggu platform terkait melakukan roses pendafataran PSE yang dapat di akses melalui Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA).

Sejauh ini hanya platform Steam yang dapat dipastikan sedang melakukan pendaftaran PSE.

Meskipun demikian belum ada konfirmasi pasti kapan proses pendaftaran PSE untuk platform Steam ini akan selesai sehingga pemblokiran dapat dicabut.

***Ditulis oleh wartawan magang Kuasakata.com Re Hatmapradipta Anbiyaa'

***

tags: #kominfo #blokir #steam

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI