Capaian Vaksinasi PMK di Kendal Baru 34 Persen 

"Seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba," kata Puji Yuwono.

Jumat, 07 Oktober 2022 | 15:24 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kendal - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal hingga kini terus melakukan upaya menekan persebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) lewat vaksinasi. Kepala DPP Kabupaten Kendal Puji Yowono mengatakan bahwa capaian vaksinasi saat ini sudah sekitar 34 persen dari target 23.000 hewan ternak. 

"Seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba," kata Puji Yuwono.

BERITA TERKAIT:
Mobil Ludes Terbakar di Kendal, Diduga Ada Unsur Kesengajaan 
Komitmen Perkuat Pengamanan, Lapas Terbuka Kendal Gelar In House Training Back To Basic
Wartawan Gadungan Peras Kepsek di Weleri Kendal, Minta Uang Rp4,5 Juta
Pemkab Kendal Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran 
Usai Insiden Kecelakaan, KAI Daop 4 Semarang Tutup Perlintasan Sebidang di Kendal

vaksinasi terhadap hewan ternak sangat diperlukan, karena mampu membuat hewan lebih tahan terhadap virus penyakti mulut dan kuku. "Kami terus memvaksin hewan ternak di Kendal," tambahnya.

Puji menerangkan, jumlah sapi di yang tersebar Kabupaten Kendal kurang lebih 20.962 sapi. Sementara yang terkonfirmasi terserang penyakit mulut dan kuku sebanyak 1.035 sapi dan yang telah diberi vaksin 5.929 sapi. Kerbau jumlah populasi 1.173 hewan dan yang terpapar PMK ada 56 kerbau.

Namun, kegiatan pemberian vaksin untuk kerbau masih kosong, karena, karena kerbau kerap dilepas di luar kandang. Dinas terus mengupayakan vaksin meski hewan ternak itu melakukan perlawanan.

"Sementara populasi kambing dan domba kurang lebih 75.219 ekor dan tidak terdampak penyakit mulut dan kuku," kata Puji. Dikatakan, petugas yang melakukan vaksinasi ada sembilan dokter hewan dan 40 petugas medis yang tergabung dalam tim penanganan PMK di Kendal.

"Kami juga memasang anting terhadap hewan yang sudah di vaksin. Hal itu sebagai sebagai tanda untuk memudahkan hewan yang sudah divaksin dan mana yang belum," pungkasnya. 

***

tags: #kendal #pmk #dinas pertanian dan pangan #vaksinasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI