Peringati HSN, Bupati Dico: Santri harus Punya Peran dalam Pengembangan SDM 

Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Dico: Santri harus Punya Peran dalam Pengembangan SDM.

Minggu, 23 Oktober 2022 | 19:46 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kendal - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Kendal dipusatkan di Alun-alun Kendal. Kegiatan ini diikuti para santri dari seluruh pondok pesantren se-Kabupaten Kendal

Para santri datang dengan aneka busana unik. Santri putra mengenakan sarung, demikian pula santri putri juga mengenakan bawahan berbahan sarung corak batik. Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang bertindak sebagai inspektur upacara juga mengenakan sarung.

BERITA TERKAIT:
Mobil Ludes Terbakar di Kendal, Diduga Ada Unsur Kesengajaan 
Komitmen Perkuat Pengamanan, Lapas Terbuka Kendal Gelar In House Training Back To Basic
Wartawan Gadungan Peras Kepsek di Weleri Kendal, Minta Uang Rp4,5 Juta
Pemkab Kendal Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran 
Usai Insiden Kecelakaan, KAI Daop 4 Semarang Tutup Perlintasan Sebidang di Kendal

Dico mengatakan para santri harus bisa menjadi garda terdepan dalam perubahan, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Kendal.

"Santri itu harus bisa jadi garda terdepan dalam perubahan khususnya pengembangan SDM di Kendal," kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Sabtu (22/10/2022).

Oleh karena itu pondok pesantren harus meningkatkan kapasitasnya. Selain belajar agama Islam juga harus memberikan pendidikan yang inovatif.

"Di Kendal ada pondok pesantren yang mampu produksi pesawat Aeromodelling, juga ada grup marching band pondok pesantren yang sudah berskala nasional. Jadi pendidikan seperti itu harus dikembangkan," jelasnya.

Dico berpesan kepada para santri agar tetap optimistis dan percaya diri untuk bisa meraih cita-citanya. Pemkab Kendal juga akan memberikan dukungan dan stimulus agar para santri di Kabupaten lebih semangat menimba ilmunya.

"Mudah-mudahan para santri di Kabupaten Kendal menjadi pemimpin, namun harus percaya diri dan optimis. Saya mendukung gerakan santri yang optimis bagi kemajuan pembangunan Indonesia dan Kendal," terangnya.

Hari Santri Nasional di Kendal juga diramaikan Lomba Tumpeng yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso. Lomba Tumpeng diikuti 32 peserta yang menyajikan berbagai kreasi nasi tumpeng.

Koordinator Lomba Tumpeng, Muhammad Nasiruddin mengatakan, peserta Lomba Tumpeng, seluruh dari pondok pesantren, juga dari 20 Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Kendal. Kriteria penilaiannya meliputi rasa, kreasi dan keunikan.

"Karena yang dilombakan itu makanan, maka segi rasa juga menjadi penilaian, tidak hanya penampilan saja," katanya.

***

tags: #kendal #pondok pesantren # hari santri nasional #bupati kendal dico m ganinduto

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI