Menurut Mendag Zulhas Ini yang Sebabkan Kelangkaan Minyakita 

"Minyak goreng yang dijamin pemerintah itu, repotnya semua orang nyari minyak goreng itu Minyakita, sehingga kan berebut."

Minggu, 05 Februari 2023 | 11:50 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - minyak goreng subsidi Minyakita saat ini langka di pasaran. Kondisi ini pun dikeluhkan masyarakat.

Karena kelangkaannya, banyak pedagang lantas menjual Minyakita di atas HET (Harga Ecer Tertinggi) yang ditetapkan pemerintah. 

BERITA TERKAIT:
Indonesia Ekspor Kopi Senilai Rp1,48 Juta ke AS
Produk Impor dari China akan Dipajaki 200 Persen 
Jokowi Panggil Sejumlah Menteri Bahas Perekonomian Sore Ini
Harga Minyakita akan Naik, Jadi Rp15.000 per Liter
Mendag Ungkap Kasus Pengurangan LPG 3 Kilogram

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan  juga mengakui adanya kelangkaan Minyakita di pasaran. Menurutnya, kelangkaan ini dikarenakan banyaknya konsumen yang berburu produk tersebut. 

"minyak goreng yang dijamin pemerintah itu, repotnya semua orang nyari minyak goreng itu Minyakita, sehingga kan berebut. Tentu karena rebutan stoknya jadi sedikit," kata Zulhas.  

Pihaknya pun telah meminta perusahaan Crude Palm Oil (CPO) agar menambah pasokan bahan bakunya. Dengan begitu, perbandingan pasokan minyak dalam negeri dan ekspor menjadi 1:6, dari 1:9.  

Ia menuturkan, upaya ini diharapkan membuat perusahaan mampu membanjiri pasokan CPO dalam negeri. Mendag Zulhas menuturkan, penyebab lain kelangkaan Minyakita adalah implementasi program B35 yang menyedot penggunaan CPO lebih banyak.  

"B20 itu nyedot CPO 9 juta, begitu berubah jadi B35 nambah 4 juta, jadi 13 juta disedot," kata Zulhas, Senin (30/1/2023). 


 

***

tags: #zulkifli hasan #menteri perdagangan #minyakita #minyak goreng #het

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI