Wakil Sekjen Bidang Internal DPP PDI Perjuangan Utut Adianto.

Wakil Sekjen Bidang Internal DPP PDI Perjuangan Utut Adianto.

DPD PDI Perjuangan Jateng Adakan Rakor Bacaleg DPRD

Utut bersyukur proses yang diadakan DPD PDI Perjuangan dalam penyusunan nama-nama Caleg berlangsung lancar.

Selasa, 21 Maret 2023 | 10:44 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah mengadakan Rapat Koordinasi (rakor) "Tentang Usulan Bakal Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten/ Kota", di Panti Marhen, Kota Semarang, Senin (20/3/2023).

Selain dihadiri para Komandante Bintang 2, 3 dan pengurus DPD PDIP Jateng, rakor itu juga dihadiri sejumlah pengurus pusat DPP PDI Perjuangan seperti Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, Wakil Sekjen Bidang Internal Utut Adianto.

BERITA TERKAIT:
Antar Bacalon Ikuti Fit dan Proper Test, Sri Mulyani Berharap Bupati Klaten Terpilih Lanjutkan Programnya
Bila Terpilih Jadi Bupati, Dion Agasi Ingin Turunkan Angka Kemiskinan di Purworejo
Ikuti Fit and Proper Test di PDIP Jateng, Arnaz Beberkan Sejumlah Program bila Terpilih Jadi Wali Kota Semarang
Pj Gubernur Jateng Serahkan Bankeu Parpol Senilai Rp22,6 Miliar
Beberapa Daerah di Jateng, Miliki Potensi Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024

Menurut Utut Adianto, rakor yang diadakan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah merupakan proses demokrasi. "Ini bagian dari proses yang terjadi disemua provinsi, hari ini Jawa Tengah Alhamdulillah sudah bisa kita selesaikan," kata Utut, dalam konferensi pers usai kegiatan rakor.

Ia mengatakan dari calon legislatif DPRD Provinsi yang terdiri dari 13 daerah pemilihan (Dapil) dan 120 kursi sudah disusun dalam rakor tersebut. "Kita sudah dapatkan namanya semua, demikian pula untuk DPRD kabupaten/kota yang terdiri dari 35 kabupaten/kota yang jumlahnya 1.610 caleg, kami berhasil menyusun caleg sesuai dengan aturan yang memang sudah ditetapkan oleh DPP," jelas Utut.

"Jadi tadi prosesnya relatif tidak terlalu lama, sekitar 3,5 jam. Kalau untuk kabupaten/kota dijelaskan per karesidenan. Mulai dari Karesidenan Semarang, Banyumas, Kedu, Pati, Pekalongan dan Surakarta. Semua dijelaskan melalui DPD yang ditugaskan," sambungnya.

DPD, imbuh Utut melakukan ceklist terhadap proses yang terjadi di DPC. "Jadi mulai proses, mekanisme dan prosedur. Semuanya sudah dijalankan dengan baik. Tadi 33 Ketua DPC PDI Perjuangan di Jateng hadir semua, kecuali Mas Hendi (Hendrar Prhadi) Ketua DPC Kota Semarang karena dilantik sebagai Ketua Taruna Merah Putih tingkat pusat dan Ketua DPC Kabupaten Purworejo yang orang tuanya sakit keras," ujarnya. 

Utut bersyukur proses yang diadakan DPD PDI Perjuangan dalam penyusunan nama-nama Caleg berlangsung lancar. "Proses paling sulit itu pencalegan, ini titik yang rawan, seringkali ada berbagai kepentingan. Tetapi karena konsep dan mekanismenya sudah dijelaskan dari awal, dan juga dikenalkan konsep pemenanagan elektoral berbasis gotong royong atau yang kita sebut Komandante Stelsel (Komandan tempur elektoral) mulai dari bintang I, II dan III, sehingga semuanya berjalan lancar," pungkas Utut Adianto.

Turut hadir mendampingi Utut Adianto saat konferensi pers, Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Agustina Wilujeng Pramestuti, Wakil Sekretaris Eksternal DPD Sumanto, dan Wakil Sekretaris Bidang Internal Eko Susilo.

***

tags: #pdi perjuangan #rakor #dpd pdip jateng #bakal calon legislatif

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI