Panji Gumilang Sebut Al-Qur'an Adalah Kalam Nabi Muhammad SAW: Kalau Allah Berbahasa Arab, Susah Ketemu Orang Indramayu

Berbagai aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh Ponpes yang dipimpinnya itu juga dianggap melenceng dari ajaran Islam.

Jumat, 16 Juni 2023 | 11:47 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Indramayu – Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Panji Gumilang, tak henti-hentinya menjadi perbincangan publik atas berbagai kontroversinya. Baru-baru ini, pernyataannya yang menyebut bahwa Al-Qur'an adalah kalam Nabi Muhammad SAW viral di media sosial dan menuai banyak kecaman.

Untuk diketahui, Panji Gumilang memang kerap melontarkan pernyataan kontroversial yang kerap menuai kontra dari masyarakat, terutama pemeluk agama Islam. Berbagai aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh Ponpes yang dipimpinnya itu juga dianggap melenceng dari ajaran Islam.

BERITA TERKAIT:
PN Jaksel Gelar Sidang Praperadilan Panji Gumilang Hari Ini
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pencucian Uang, Panji Gumilang Ajukan Gugatan Praperadilan di PN Jaksel
Panji Gumilang Kembali Disidang Kasus Dugaan Penistaan Agama
Jalani Sidang di PN Indramayu, Panji Gumilang Bacakan Nota Keberatan
Jalani Pemeriksaan Lima Jam, Panji Gumilang Dicecar 55 Pertanyaan

Belum lama ini, Panji Gumilang menyebut jika Al-Qur’an bukanlah kalam Allah SWT, melainkan kalam Nabi Muhammad SAW yang didapat dari wahyu. 

"Nabi Muhammad juga sudah mendeclare 'Dzalikal kitabu la’  raiba', itu Nabi Muhammad itu yang mendeclare, atas wahyu Illahi, bukan kalam Allah, kalam Nabi Muhammad yang didapat dari pada wahyu," ungkap Panji Gumilang, dikutip dari video yang diunggah akun Instagram @info_uniik pada Jumat, (16/6/2023).

"Kalau Allah berbahasa Arab, susah nanti ketemu orang Indramayu, gak ngerti," lanjut Panji Gumilang.

Pernyataan pimpinan Ponpes Al-Zaytun itulah yang menjadi salah satu trigger kontroversi yang kini kembali memanas di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan pernyataan tersebut, tentunya menambah daftar panjang kontroversi ponpes yang terletak di Indramayu itu.

"Kenapa belum ada introgasi ya padahal itu udah jelas-jelas penyelewengan penistaan agama, udah keluar dari yang diajarkan Rasulullah," komen akun @anan***

"Sakit jiwa nih malu-maluin Islam. Panji Gumilang harus dihukum," ujar akun @wanb***

"Alumni 212 mana nih. Giliran kaya gini aja diem, giliran politik aja ramenya minta ampun," tulis akun @dorr***

Selain kontroversi mengenai pernyataan di atas tadi, masih banyak lagi kontroversi yang dilakukan oleh pimpinan Ponpes Al-Zaytun. Saat ini masyarakat berharap adanya campur tangan pemerintah, MUI, dan Kemenag agar bisa mengungkap fakta-fakta di balik Ponpes Al-Zaytun tersebut.

***

tags: #panji gumilang #pondok pesantren al-zaytun #kontroversial #al-quran #nabi muhammad saw

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI