Pemkab Cilacap Kembali Adakan Jusegar

Yunita menyambut baik gagasan kegiatan tersebut, ia berharap acara itu bisa rutin dilaksanakan dan terus dikembangkan.

Jumat, 16 Juni 2023 | 17:58 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Guna meningkatkan pengetahuan kesehatan dan kepedulian lingkungan sekolah yang sehat, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan (Korwil Bidik) Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap menggagas kegiatan Jumat Sehat dan Bugar (Jusegar). 

Kegiatan perdana itu dilaksanakan dan di-launching Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, Jumat (16/06/2023) di SDN Kampus 19 Cilacap.

BERITA TERKAIT:
PKBM Annisa Cilacap Kembali Gelar PKW dan Diikuti 40 Peserta Didik
Pj Bupati Cilacap Sampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Umum Fraksi Tentang RPJPD 2025-2045
Seorang Pria Ditemukan Tewas usai Hilang di Hutan Rungkang Cilacap
Cegah Tipikor, Desa Purwodadi dan Bangunreja Canangkan sebagai Desa Antikorupsi
Pj Bupati Cilacap Berharap HARGANAS Jadi Momentum Bentuk Generasi Emas

Acara diawali dengan pelaksanaan rangkaian senam bersama, diantaranya senam P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila), senam Cuci Tangan dan senam Gosok Gigi.

Korwil Bidik Kecamatan Cilacap Tengah, Taufik Hidayat, dalam laporannya, menyampaikan Jusegar merupakan modifikasi dari Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TPUKS) yang sempat vakum pada masa pandemi lalu. 

Jusegar memiliki visi menciptakan anak-anak yang cerdas dan sehat. Cerdas merupakan domain dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan sehat merupakan domain dari Dinas Kesehatan, sehingga kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dari instansi tersebut.

“Kegiatan ini melibatkan siswa, guru dan karyawan. Sasaran kami adalah 35 Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Cilacap Tengah. Kedepannya, kami harap akan semakin banyak instansi yang dapat memberikan edukasi ke sekolah-sekolah sesuai dengan visi misi lembaga tersebut,” katanya.

Yunita menyambut baik gagasan kegiatan tersebut, ia berharap acara itu bisa rutin dilaksanakan dan terus dikembangkan. Para guru juga diminta selalu mengajari kebersihan dan memantau asupan siswa.

“Mulai dari anak-anak kita edukasi dan didik supaya mereka biasa hidup sehat, yang dewasa diharapkan bisa membimbing ya. Anak-anak yang berperilaku hidup sehat diharapkan akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan bisa menjadi generasi emas bangsa," kata Yunita. 

"Kedepannya jika memungkinkan akan dibuatkan Peraturan Bupati agar semua SD dan SMP bisa membuat kegiatan yang sama dan rutin dilakukan,” harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi serta praktek cara gosok gigi dan cuci tangan dari Petugas Puskesmas Cilacap Tengah I dan II, penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, cek kesehatan berkala, dan penyuluhan parenting untuk para orang tua wali murid SDN Kampus 19 Cilacap.

***

tags: #kabupaten cilacap #senam #parenting #puskesmas #guru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI