Seorang Pebasket Kehilangan Satu Ginjal Usai Cedera di Kejuaraan Dunia 2023 

perubahan vitalitas jaringan ginjal menyebabkan seluruh bagian dari salah satu organ ini harus diangkat melalui operasi kedua

Rabu, 06 September 2023 | 14:45 WIB - Internasional
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Serbia - Seorang basket'>pebasket harus kehilangan salah satu ginjal usai mengalami cedera dalam kejuaraan Piala Dunia basket atau FIBA World Cup 2023. basket'>pebasket bernama Borisa Simanic mengeluh sakit setelah menerima sikutan dari pemain Sudah Selatan, Nuni Omot. 

Federasi basket Serbia mengonfirmasi, pemainnya sempat menjalani dua operasi terpisah di rumah sakit di Manila, Filipina. Sayangnya, pada operasi kedua, salah satu ginjal Simanic terpaksa harus diangkat karena mengalami komplikasi.

BERITA TERKAIT:
Seorang Pebasket Kehilangan Satu Ginjal Usai Cedera di Kejuaraan Dunia 2023 

Kejadian yang menimpa Borisa Simanic berlangsung selama pertandingan Serbia melawan Sudan Selatan di Smart Araneta Coliseum, di Kota Quezon, Filipina, pada Rabu (30/8/2023). 

Tampak dalam video highlights pertandingan yang diunggah FIBA, Selasa (31/8/2023), pemain Sudan Selatan, Nuni Omot tengah memegang bola basket di tangannya. 

Di saat bersamaan, Simanic yang mengenakan jersey biru mencoba menghalangi langkah pemain Sudan Selatan dengan nomor punggung 1 tersebut untuk memasukkan bola ke ring. 

Melindungi bola basket di tangannya, Nuni Omot terlihat memukulkan tangan ke arah perut Borisa Simanic. Sesaat setelah menerima pukulan, pemain dengan posisi power forward itu pun menunduk dan memegangi bagian perutnya. 

Adapun dalam pertandingan, Serbia berhasil menang atas Sudan Selatan dengan perolehan skor 115-83. Dilansir dari Reuters, Selasa, Simanic langsung dibawa ke sebuah rumah sakit di Manila usai pertandingan berakhir. Namun, perubahan vitalitas jaringan ginjal menyebabkan seluruh bagian dari salah satu organ ini harus diangkat melalui operasi kedua pada Minggu (3/9/2023). 

"Setelah Simanic dioperasi untuk pertama kalinya pada malam antara 30 dan 31 Agustus, para dokter memantau pemulihan pascaoperasi dan memutuskan karena komplikasi, operasi baru diperlukan," kata Federasi basket Serbia. 

Bukan hanya itu, diberitakan The Guardian, Senin (4/9/2023), pihak rumah sakit juga sempat kesulitan menemukan golongan darah yang tepat untuk pria berusia 25 tahun tersebut.

***

tags: #pebasket #ginjal #basket

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI