Wujudkan Sinergitas Unsur Penyelenggara Pemilu, Polresta Cilacap Gelar Operasi Mantap Brata Candi

Daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Cilacap sebanyak 1.506.430 pemilih.

Kamis, 12 Oktober 2023 | 20:31 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Untuk mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antara unsur penyelenggara dan pengamanan Pemilu 2024, Polresta Cilacap menggelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Candi 2023 – 2024, Kamis (12/10/2033). Acara tersebut diadakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap.

Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Cilacap, Budi Santosa, mewakili Pejabat Bupati Cilacap membuka kegiatan itu. Turut hadir KaPolresta Cilacap Kombes Pol. Fannky Ani Sugiharto serta Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Saeroji mewakili Dandim 0703/Cilacap selaku unsur pengamanan pemilu.

BERITA TERKAIT:
Perang Sarung, 12 Remaja di Cilacap Ditangkap Polisi
12 Sekolah Ini Menangi Lomba Student Presisi yang Diadakan Polresta Cilacap
Dendam, Dua Suporter Cilacap Lempar Batu ke Bus Persekat Tegal
Polresta Cilacap Tangkap Satu Pencuri Motor dan Dua Penadah, Amankan 20 Barang Bukti
Kapolda Jateng Cek Pasukan “Power On Hand” Banyumas Raya di Polresta Cilacap

Hadir pula di acara itu Kepala dan perwakilan OPD jajaran Pemkab Cilacap, KPU Kabupaten Cilacap, dan Bawaslu Kabupaten Cilacap selaku unsur penyelenggara kontestasi politik lima tahunan tersebut. Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Budi Santosa menjelaskan bahwa situasi yang aman dan kondusif sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Cilacap.

Ia menambahkan pertumbuhan ekonomi itu harus didukung dengan berbagai kondisi, keamanan penyelenggaraan event lima tahunan tersebut. ”Ini milik kita semuanya. Kalau kita mau langsam, maju, mimpi kita raih, mari kita mulai sekarang memperkuat fondasi bahwa kita membuat kondisi keamanan lingkungan agar proses pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan bisa berjalan selaras,” harapnya.

KaPolresta Cilacap, Kombes Pol. Fannky Ani Sugiharto menyebut Operasi Mantap Brata akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023. Sebanyak hampir 13 ribu petugas keamanan akan disebar untuk mengamankan 5.964 TPS di seluruh Kabupaten Cilacap.

Rinciannya 892 personel dari Polresta Cilacap, 328 personel Kodim 0703/Cilacap, 70 personel Lanal Cilacap, 158 personel Satpol PP Cilacap, dan 11.551 personel Pokdarkamtibmas Cilacap. Selain mempersiapkan personel, sesuai Arahan Kapolri selama tahapan Pemilu, pihaknya bersama unsur TNI juga menyiapkan Satgas Cooling System.

Satgas Cooling System ini berfungsi untuk ’mendinginkan’ masyarakat peserta Pemilu. Satgas ini terbagi menjadi satgas manajemen media, sosial dan kemitraan. “Ada beberapa event yang kita buat seperti jambore Vespa. Kemudian akan ada mancing nasional, juga ada turnamen golf nasional. Kita buat kegiatan-kegiatan sistem pendingin ini dalam rangka menetralisir masyarakat ini tidak tegang,” jelasnya.

Senada dengan Kapolresta, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Saeroji menegaskan pihaknya siap mendukung kelancaran Pemilu 2024. Pihaknya berharap hajat lima tahunan ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat, sehingga keberlangsungan pembangunan dapat terwujud. Di sisi lain, sesuai arahan panglima TNI pihaknya juga menegaskan netralitas TNI selama proses pemilu berlangsung.

Plt. Ketua KPU Kabupaten Cilacap Weweng Maretno menjelaskan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Cilacap sebanyak 1.506.430 pemilih. Adapun jumlah TPS di seluruh Kabupaten Cilacap sebanyak 5.964 TPS dengan rincian 5.947 TPS reguler dan 17 TPS lokasi khusus.

Untuk mendukung lancarnya pemilu, diperlukan dukungan sejumlah panitia ad hoc. Yakni 41.748 KPPS, di mana tiap TPS beranggotakan 7 orang KPPS. Kemudian PPS dan sekretariat sebanyak 1.704 orang, PPK dan Sekretariat 192 orang, serta PAM TPS (Linmas) sebanyak 11.928 orang.

***

tags: #polresta cilacap #operasi mantap brata #pemilu 2024 #daftar pemilih tetap #kabupaten cilacap

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI