Lapas Brebes Gelar Upacara Hari Bela Negara dan Kesiapan Pengamanan Nataru

Isnawan menambahkan, tantangan ke depan semakin tidak terduga.

Selasa, 19 Desember 2023 | 18:33 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Lapas Kelas IIB Brebes, Kanwil Kemenkumham Jateng, menggelar upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 dan dirangkaikan dengan kesiapan Pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Upacara dengan tema "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju" ini, digelar di halaman Lapas Kelas IIB Brebes, Selasa (19/12/2023).

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan dalam kesempatan itu, membacakan amanat Presiden RI saat menjadi inspektur upacara mengatakan, Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia Maju yang dicita-citakan bersama..

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Peringati HANI 2024, Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan

"Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara," lanjut Isnawan. 

Isnawan menambahkan, tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

"Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Isnawan. 

Dikatakan, dari momentum ini diharapkan keikutsertaan warga negara dalam bela negara. Jadikan hari ini untuk meningkatkan kesadaran, semangat, kewajiban dalam membela negara , membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia menuju Indonesia mandiri dan sejahtera.

Kemudian, Presiden RI, Ir H Djoko Widodo mengemukakan, dalam rangka kesiapan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain, tidak ada cuti bersama, tuntaskan dan selesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab secara profesional dan akuntabel, jangan menunda-nunda kecuali program multiens, kepada Irjen, Dirjen, Ka.Badan melalui seksi Unit I  mengatur secara baik pembagian cuti tahunan.

"Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru yaitu pengamanan diri, lingkungan kerja, dokumen fisik baik di kantor, di pelayanan publik, agar di cek on the spot dalam pelaksanaannya. untuk memeriksa persiapan pengamanan petugas yang bekerja di hari besar tersebut. termasuk petugas pengamanan dokumen, deteni, wbp, antisipasi kejadian kontijensi/ darurat , unpredictable misalnya : kebakaran, konsleting listrik, dan lain sebagainya," papar Presiden lebih lanjut dalam pidatonya.

Oleh karena itu, tandas Presiden, ukuran keberhasilan dari pengamanan ini ditandai dengan tidak ada kejadian / kasus yang menonjol yang menjadi perhatian masyarakat, jika terjadi segera laporkan . 

Di akhir sambutannya, Presiden mengajak untuk mengobarkan semangat bela negara. "Pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera," pungkas Presiden.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #kanwil kemenkumham jateng #natal dan tahun baru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI