Pastikan Tugas Pengamanan Sesuai Tusi, Buku Laporan Penjagaan Lapas Brebes Dicek Rutin

Tomy mengemukakan, pemeriksaan pengisian buku-buku laporan yang ada pada masing-masing Petugas pelaksana teknis pengamanan selalu dilakukan.

Selasa, 26 Desember 2023 | 15:08 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- Pemeriksaan buku laporan penjagaan Lapas Kelas IIB Brebes, secara rutin dilakukan setiap minggunya atau setelah pelaksanaan tugas piket pagi, siang atau piket malam berakhir. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tugas pengamanan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Hal tersebut disampaikan Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP) Lapas Kelas IIB Brebes, Tomy Yulianto, Selasa (26/12/2023).

"Buku laporan penjagaan yang diperiksa merupakan buku yang mencatat waktu pelaksanaan tugas, penempatan dan rotasi anggota serta uraian peristiwa selama melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tusi) pengamanan," ucap Tomy.

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Peringati HANI 2024, Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan

Tomy menjelaskan, fungsi buku laporan sebagai bukti pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas sebelum dilakukan penyerahan tugas pengamanan ke regu pengamanan selanjutnya. 

"Buku laporan ini sangat penting sebagai bukti bahwa pelaksanaan tugas telah dilaksanakan dengan baik, dan kondisi Lapas dalam keadaan tertib, aman dan kondusif sebelum diserahkan ke regu pengamanan selanjutnya dalam apel serah terima regu pengamanan," tandas Tomy.
.
Dikatakan, buku laporan ini senantiasa diisi sesuai uraian peristiwa yang terjadi. Pengisian dilakukan secara tertib dan ketat sehingga semua peristiwa seperti rotasi penempatan anggota, patroli dan kontrol serta lalu lintas Tamping dan warga binaan yang melewati pos blok dan pos Kepala Regu Pengamanan tercatat sesuai waktunya.

"Ada tiga buku laporan yang selalu tersedia dan di update setiap harinya dalam teknis pengamanan yakni buku laporan penjagaan yang diisi oleh Kepala Regu Pengamanan (Karupam), buku laporan blok serta buku laporan penghuni yang selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan dan penandatanganan oleh Kasubsi Kamtib dan Kalapas seusai ditandatangani oleh petugas pelaksana teknis," tegas Tomy.

Tomy mengemukakan, pemeriksaan pengisian buku-buku laporan yang ada pada masing-masing petugas pelaksana teknis pengamanan selalu dilakukan. Hal ini dalam rangka meningkatkan akuntabilitas petugas dalam melaksanakan tupoksinya.

"Apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban akan di lakukan pemeriksaan pada buku laporan. Buku laporan ini juga berguna apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti gangguan kamtib, pelarian dan sebagainya," ucap Tomy.

Di situ, lanjut Tomy,  dapat dilihat waktu peristiwanya melalui buku laporan dan masing-masing petugas akan kita periksa mengenai kesesuaian antara pelaksanaan siaga pengawasan dan pengisian buku laporannya. 

"Dan kita patut bersyukur sampai saat ini belum ada masalah yang timbul terkait pengamanan, semua berjalan lancar dan aman," pungkas Tomy.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #petugas #lembaga pemasyarakatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI