Ramai-ramai Warganet Kritik ITB Tawarkan Pinjol untuk Bayar UKT: Diajari Ngutang Sejak Dini

Karena hal itu, pihak ITB melakukan sosialisasi dengan opsi pembayaran lewat program cicilan kuliah Danacita. Kabar ini pun menjadi viral dan menjadi perhatian warganet. 

Sabtu, 27 Januari 2024 | 10:32 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan sebuah postingan membagikan brosur program cicilan kuliah bulanan Institut Teknologi Bandung (ITB). Postingan tersebut dibagikan oleh akun X ITBfess @itbfess, pada Kamis (25/01/2024).

"Anjaaaay, disuruh Pinjol sama ITB! Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan 'SELAMAT MEMBAYAR CICILAN BESERTA BUNGANYA'" tulis caption.

BERITA TERKAIT:
Seorang Istri di Tebet Jadi Korban KDRT gegara Tolak Hutang Pinjol
Satgas OJK Blokir 233 Pinjol Ilegal dan 78 Pinjaman Pribadi di Awal 2024 
Mahasiswa Cianjur Jadi Pengedar Ganja Buat Bayar Pinjol 
Soal Kampus Tawarkan Opsi Bayar UKT Lewat Pinjol, Ganjar Singgung KMI 
Mahasiswa Asal Pati Nekat Begal Sopir Taksi Online karena Terlilit Pinjol, Lakukan Aksinya dengan Alat Setrum

Dalam foto postingan itu memperlihatkan mitra resmi ITB yakni Danacita, membuka program cicilan biaya kuliah yang bisa diangsur selama 6 bulan atau 12 bulan.

Dengan bunga 1,75% per bulan, ditambah biaya persetujuan 3%. Yang ditotalkan bunganya hampir 24% per tahun.

Diketahui sebagian besar mahasiswa ITB banyak yang kesusahan membayar UKT karena mendapat golongan UKT yang begitu tinggi, yakni Rp12.5 juta.

Banyak mahasiswa meminta penurunan besar UKT ke pihak kampus, namun permohonan mereka juga tidak dikabulkan. Yang membuat, sekitar 1.400 mahasiswa kesulitan membayar biaya kuliahnya.

Karena hal itu, pihak ITB melakukan sosialisasi dengan opsi pembayaran lewat program cicilan kuliah Danacita. Kabar ini pun menjadi viral. Warganet melihat skema ini mirip dengan pinjaman online alias pijol. 

“diajarin ngutang sejak dini” komentar akun X @bbiiutiful.

“diajarin Pinjol semenjak ngampus,” tambah akun @zoverthink.

“Takut banget nanti lulus buka jasa Pinjol,” tulis akun @Nnttawind. 

"Ini bunganya terlalu besar. Pakai ada biaya persetujuan pula.... Saran sy kl mau berhutang, yg pertama dicoba adl KUR BRI atau bank lain skr jg banyak yg ada KUR. Bunganya 0.5% per bulan atau 6% per tahun." tulis akun X @fandomI***
 

***

tags: #pinjol #itb #ukt #viral #danacita

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI