Bongkar 6 Kasus Narkotika, BNNP Jateng Amankan 4,6 Kg Ganja dan 495 Gram Sabu

Ganja yang diamankan senilai Rp69 juta.

Kamis, 22 Februari 2024 | 17:00 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, SemarangBadan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah (BNNP Jateng) membongkar 6 kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika jenis ganja dan sabu-sabu. Kasus ini terbongkar selama bulan Januari dan Februari 2024.

Dari 6 kasus tersebut, BNNP Jateng menangkap 9 tersangka beserta barang bukti berupa ganja seberat 4,6 kilogram dan sabu seberat 495,63 gram. 

BERITA TERKAIT:
Dukung Surat Amicus Curiae yang Disampaikan Megawati, PDIP Jateng Ziarah ke Makam RA Kartini
Potensi Zakat di Jateng Capai Rp3,1 T, Ahmad Daroji: Berperan Penting Dukung Program Pemerintah
Sumarno Lepas 10 Atlet Bertalenta Khusus Asal Jateng Wakili Indonesia Berlaga di Bangladesh
Dompet Dhuafa Resmikan Masjid Zuiva Attaqi Untuk Kemaslahatan Umat
Bahagiakan Ratusan Yatim dan Penghafal Al-Quran, Dompet Dhuafa Jateng Ajak Belanja Bareng dan Fun Charity di The Park Semarang

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Agus Rohmat menjelaskan dari 6 kasus tersebut terdapat dua kasus menonjol tentang peredaran narkotika jenis ganja. Kasus tersebut terungkap di wilayah Semarang.

“Di wilayah Semarang petugas berhasil menangkap 4 pemuda berinisial DAN (23) warga Jayapura, AFW (24), MHA (25) dan DA (23) karena hendak mengedarkan ganja di kalangan mahasiswa,” kata Agus, Kamis (22/2).

Dari para tersangka, diamankan barang bukti paket berisi narkotika jenis ganja dengan berat 2 kilogram. 

“Mereka beli secara patungan seharga Rp.5 juta. Rencananya narkotika jenis ganja ini akan diedarkan di kalangan mahasiswa di Kota Semarang,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyebut untuk kasus menonjol berikutnya yakni terbongkarnya peredaran ganja di Wonogiri dan Semarang. Dalam kasus ini, petugas berhasil menyita 100 gram ganja di Wonogiri dan 2,3 kilogram ganja di Semarang. 

“Dua orang diamankan masing-masing berinisial HBR tersangka kasus di Wonogiri dan DCA  tersangka kasus narkotika di Kota Semarang,” terang dia. 

Disisi lain, dirinya menambahkan bahwa sebanyak 4,6 kilogram ganja yang diamankan itu senilai dengan Rp.69 juta. Sedangkan ratusan gram sabu-sabu yang diamankan senilai Rp. 517,5 juta.  

Seluruh barang bukti yang diamankan tersebut, kemudian dimusnahkan sebagaimana ketetapan status barang bukti narkotika yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Sukoharjo dan Kejaksaan Negeri Semarang.

***

tags: #jawa tengah #ganja #bnnp jateng #barang bukti #badan narkotika nasional

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI