70 Persen Warga Jakarta Diprediksi Tinggalkan Ibu Kota untuk Mudik Lebaran 

Data tersebut berdasarkan hasil koordinasi antara Dukcapil dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta

Jumat, 05 April 2024 | 13:42 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - 70 persen atau sekitar Delapan juta warga DKI Jakarta diprediksi melakukan Mudik Lebaran 2024. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan hal ini selaras dengan prediksi peningkatan jumlah peMudik nasional, pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

“Kalau lihat prediksi secara nasional itu disampaikan akan ada kenaikan 60 persen peMudik, yaitu dari 123 juta menjadi 193 juta,” ujar Budi saat diwawancarai, Jumat (5/4/2024).

BERITA TERKAIT:
Dinas Kebudayaan DKI Siapkan Paket Wisata Baru Religi 'wara wiri'
DKI Jakarta Larang Sekolah Selenggarakan Study Tour
Status Berubah dari DKI ke DKJ, Dibutuhkan 8,3 Juta Blangko untuk Ganti KTP Warga
PNS Dishub DKI Dicopot Usai Videonya Buang Sampah Sembarangan Viral 
70 Persen Warga Jakarta Diprediksi Tinggalkan Ibu Kota untuk Mudik Lebaran 

Khusus wilayah DKI Jakarta, kata Budi, sekitar 60 persen sampai 70 persen penduduk Ibu Kota bakal Mudik ke kampung halamannya. Data tersebut berdasarkan hasil koordinasi antara Dukcapil dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, mengenai pemantauan pergerakan peMudik di Jakarta. 

“Bagaimana dengan Jakarta, kami memperkirakan peMudik itu sekitar 60 atau 70 dari penduduk Jakarta, yaitu sekitar 7 juta sampai 8 juta yang akan Mudik,” ungkap Budi. 

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah peMudik pada momen Lebaran 2024 dari wilayah Jabodetabek diperkirakan mencapai 28,4 juta orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,26 juta orang atau 29,05 persen diperkirakan menggunakan jasa kereta api untuk berangkat ke kampung halaman. Selain itu terdapat 7,89 juta warga Jabodetabek yang memilih menggunakan transportasi bus antar kota dan antar provinsi (AKAP). 

Untuk rencana perjalanan Mudik, paling banyak warga memilih berangkat pada 6 April 2024. Jumlah diperkirakan mencapai 5,20 juta orang.

***

tags: #dki jakarta #mudik #lebaran #disdukcapil

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI