Kunjungan Kerja ke Klaten, BNPB RI Serahkan Dana Siap Pakai Rp.150 Juta untuk Penanggulangan Kekeringan

Jajang Prihono menyampaikan status di wilayah Kabupaten Klaten yakni siaga darurat kekeringan.

Selasa, 02 Juli 2024 | 05:10 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia menyalurkan dana siap pakai sejumlah Rp. 150 juta untuk Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, guna penanggulangan bencana kekeringan. Secara langsung Kepala BNPB RI yang diwakili Deputi Bidang Pencegahan BNPB RI, Prasinta Dewi menyerahkan langsung kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono.

Turut hadir Deputi Bidang Pencegahan BNPB,Tenaga Ahli BNPB, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sekda Klaten, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Organisasi Relawan Klaten, dan tamu undangan, Jumat (28/06/2024) di Pendopo Setda Klaten.

BERITA TERKAIT:
Kunjungan Kerja ke Klaten, BNPB RI Serahkan Dana Siap Pakai Rp.150 Juta untuk Penanggulangan Kekeringan
Malam Takbiran, Pemkab Klaten Gelar Lomba Takbir
Pemkab Klaten dan PPDK Gelar Bimtek untuk Kampanyekan Aksidifa
Sebanyak 245 Unit RTLH di Klaten Dapat Bantuan Renovasi, Masing-masing Terima Rp12 Juta
Polres dan Pemkab Klaten Kembali Gelar Showanji untuk Kerukunan Umat

Saat ditemui, Deputi Bidang Pencegahan BNPB RI Prasinta Dewi  menyampaikan BNPB RI yang berupaya untuk membantu dan memberi dukungan kepada Daerah yang terkena bencana (Kabupaten Klaten) dan kegiatan tersebut dimulai  siap siaga, siaga darurat, tanggap darurat, dan pasca bencana.

“Hari ini kami memberi bantuan daerah untuk daerah kekeringan dan serta potensi erupsi gunung merapi. Daerah sudah menyatakan menyampaikan siaga kekeringan dan erupsi merapi. Nanti bantuan tersebut melalui usulan yang akan disupport Bupati Klaten yang akan diajukan BNPB. Kita juga harus menyiapkan masyarakat tangguh bencana untuk melakukan evakuasi mandiri dan kegiatan dilakukan,“ terang Prasinta.

Sementara, Bupati Klaten yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono menyampaikan status di wilayah Kabupaten Klaten yakni siaga darurat kekeringan.

Ia juga memaparkan beberapa wilayah di Klaten yang mengalami kekeringan yakni Kecamatan Bayat, Kecamatan Pedan, Kecamatan Jatinom, Kecamatan Cawas, dan Kecamatan Kemalang.

“Pemerintah Kabupaten Klaten telah melaksanakan Droping air pada Periode Bulan Juni 2024. Di Kecamataan Kemalang  total 72 Tangki, Desa Bandungan Kecamatan Jatinom sejumlah 20 Tangki, dan Desa Dukuh Kecamatan Bayat  sejumlah 4 Tangki. Dengan satu tangki berisikan 5000 liter air dengan  total Penerima Manfaat : 2.127 KK atau 6.273 Jiwa,” terang Jajang.

Ia juga menjelaskan Kabupaten Klaten telah membentuk Kecamatan Tangguh Bencana (KENCANA) di 26 Kecamatan se-Kabupaten Klaten, Desa Tanggap Bencana (DESTANA) di Kabupaten Klaten yaitu 160 Desa dari 401 Desa/Kelurahan dan memiliki relawan 15 Orang per desa, dan Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana (ULD-PB).

***

tags: #pemkab klaten #kekeringan #bnpb ri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI