Pemkab Klaten dan PPDK Gelar Bimtek untuk Kampanyekan Aksidifa

aplikasi Aksidifa adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PPDK kerjasama dengan Disability Rights Fund.

Rabu, 12 Juni 2024 | 04:22 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama Perkumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK) menggelar sosialisasi Aksidifa (Aplikasi Sistem Informasi dan Data Difabel) di Pendopo Setda Klaten, Senin(10/06/2024).

Kegiatan tersebut berlangsung lima hari yakni dari tanggal 7 Juni 2024 diikuti oleh OPD se-Kabupaten Klaten, dan tanggal 12 hingga 14 Juni 2024 diikuti oleh perwakilan 401 Desa atau Kelurahan se-Kabupaten Klaten.

BERITA TERKAIT:
Kunjungan Kerja ke Klaten, BNPB RI Serahkan Dana Siap Pakai Rp.150 Juta untuk Penanggulangan Kekeringan
Malam Takbiran, Pemkab Klaten Gelar Lomba Takbir
Pemkab Klaten dan PPDK Gelar Bimtek untuk Kampanyekan Aksidifa
Sebanyak 245 Unit RTLH di Klaten Dapat Bantuan Renovasi, Masing-masing Terima Rp12 Juta
Polres dan Pemkab Klaten Kembali Gelar Showanji untuk Kerukunan Umat

Turut hadir Kepala Bapperida Klaten, Kepala Dissosp3appkb Klaten, PPDK, dan Tim teknis Diskominfo Klaten.

Dalam sambutannya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida), Pandu Wirabangsa menyampaikan aplikasi Aksidifa adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PPDK kerjasama dengan Disability Rights Fund (DRF) dan Pemkab Klaten dalam rangka untuk pendataan penyandang disabilitas di Kabupaten Klaten.

“Hasil pendataan ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Tahapan penyusunan aplikasi ini merupakan satu rangkaian dengan penyusuan Rencana Aksi Daerah tentang Pemenuhan Penyandang Diasabilitas yang sekarang sedang proses di bagian hukum. Aplikasi ini selanjutnya digunakan dalam perencanaan pembangunan dengan menyasar pada pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas,” jelas Pandu.

Selanjutnya, seluruh peserta bimbingan teknis mengikuti sosialisasi Aksidifa bersama tim teknis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten.

***

tags: #pemkab klaten #aksidifa #bimtek

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI