Bocah 12 Tahun di Garut Lumpuh Sejak Bayi, Kapolsek Banjarwangi Bawa ke Puskemas 

Anak pasangan Karlan (45) dan Siti Suhaedah (38) ini tak bisa sekolah dan banyak bermain seperti anak-anak lainnya. Ia hanya tergolek di tempat tidur. 

Kamis, 27 Juli 2023 | 11:29 WIB - Nestapa
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Seorang bocah bernama Sri Ayu (12) yang menderita lumpuh sejak lahir mengetuk hati banyak pihak. Ia merupakan warga Kampung Cipari, Desa Wangunjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Anak pasangan Karlan (45) dan Siti Suhaedah (38) ini tak bisa sekolah dan banyak bermain seperti anak-anak lainnya. Ia hanya tergolek di tempat tidur. 

BERITA TERKAIT:
Gadis Ini 20 Tahun Pura-pura Lumpuh, Alasannya Ogah Kerja dan Bantu Keluarga 
Bocah 12 Tahun di Garut Lumpuh Sejak Bayi, Kapolsek Banjarwangi Bawa ke Puskemas 

Ayu, sapaan bocah tersebut lahir dari keluarga sangat sederhana. Karena kondisi ekonomi yang kurang mampu, Ayu dan orangtuanya menumpang di sebuah mes milik peternak ayam. 

"Alhamdullilah, keluarga Ayu sejak enam bulan terakhir tinggal di mes milik pak ustad (Ketua DKM setempat), " ujar perwakilan keluarga, Dwi. 

Sang ayah (Karlan) yang berpenghasilan minim, selama ini dibantu warga sekitar untuk bisa menghidupi keluarganya.

Ayu sendiri sejak usia enam bulan sudah terdeteksi mengalami kelumpuhan, pihak keluarga sudah mencoba mengobati Ayu secara medis. Namun lantaran kondisi perekonomian yang pas pasan, pengobatan dihentikan dan memilih merawatnya sendiri.

 

"Nah, saat usia Ayu enam tahun juga pernah diobati, tapi tidak diteruskan karena terhambat biaya pengobatan, " tambah Dwi. 

Lanjut Dwi, orang tua Ayu ( Karlan dan Siti) selama ini tidak memiliki tempat tinggal sendiri. Sebelum menempati mes kandang ayam, keluarga ini sempat tinggal di sebuah gubuk di sebuah pemakaman di desanya. 

"Jangankan untuk membeli rumah, untuk mencukupi kebutuhan keluarga saja sangat sulit," katanya. 

Sementara itu nasib Ayu yang mengalami kelumpuhan sejak lahir, sempat beredar di media sosial. Hal ini pun mengetuk hati Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif. 

Polsek Banjarwangi mencoba merespons dan mengevakuasi Ayu ke Puskesmas Banjarwangi, untuk dilakukan pengobatan. 

"Kemarin dibawa ke Puskesmas Banjarwangi, mudah-mudahan hari ini akan kami bawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) dr Slamet Garut, " ungkap Kapolsek Banjarwangi, Iptu Amirudin Latif. 

Lanjut Amirudin, Kondisi Ayu yang tak lajim membuatnya tak berdaya di atas tempat tidur itulah yang membuat dirinya segera membawa Ayu untuk diobati. Ia mengaku terharu karena nasib Ayu  seharusnya bisa bermain dan bersekolah seperti anak normal lainnya. 

"Jujur saja saya terharu melihat kondisi Ayu, langkah pertama untuk Ayu memastikan kondisi kesehatannya aman," pungkasnya.

***

tags: #lumpuh #bocah #garut #evakuasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI