An Inconvenient Truth, Film Dokumenter yang Usung Pesan Cintai Bumi

Film An Inconvenient Truth merupakan film dokumenter yang diperankan oleh salah satu mantan wakil presiden Amerika Serikat di era Bill Clinton

Jumat, 22 April 2022 | 15:22 WIB - Layar
Penulis: - . Editor: Hani

Hari ini, 22 April ditetapkan sebagai Hari Bumi Sedunia. Ini jadi momen yang tepat untuk merenungkan terhadap berbagai masalah perubahan iklim yang ada. Salah satu film yang mengangkat persoalan ini adalah An Inconvenient Truth

film An Inconvenient Truth merupakan film dokumenter yang diperankan oleh salah satu mantan wakil presiden Amerika Serikat di era Bill Clinton, yakni Albert Arnold Gore Jr atau kemudian lebih dikenal sebagai Al Gore. 

BERITA TERKAIT:
Dodit Kisahkan Sosok Ayahnya Djoko Mulyanto yang Jadi Tokoh Utama di Film Rumah Dinas Bapak 
Film Rumah Dinas Bapak, Teror Masa Kecil Komika Dodit Mulyanto
Empat Film Thailand Bertema Zombie, Seram tapi Ada Lucunya 
Serem! Pemeran Vina: Sebelum 7 Hari Ceritakan Kejadian Janggal Selama Syuting
Sinopsis Vina: Sebelum 7 Hari dan Sejumlah Fakta Ngeri di Baliknya  

Ia dikenal sebagai orang yang peduli dengan lingkungan. Keprihatinannya terhadap kondisi bumi yang semakin memprihatinkan akibat pemanasan global ini pun dituangkan dalam film ini.  

Efek rumah kaca menjadi alasan utama dibalik pemanasan global yang semakin parah. Al Gore menyebutkan bahwa panas bumi semakin terasa karena radiasi matahari. 

Lapisan ozon semakin menipis sebagai akibat dari efek rumah kaca. Al Gore juga menjelaskan bahwa penyebab lain dari pemanasan global yakni banyaknya pemakaian bahan bakar fosil dan ulah manusia yang semakin masa bodoh dengan lingkungan. 

 

Saat ini pun efek dari pemanasan bumi pun sudah banyak terlihat. Misalnya saja melelehnya es pada kutub utara yang berakibat pada naiknya permukaan air laut.

Banyak pulau-pulau kecil menjadi tenggelam,  banyak danau yang mengering, serta garis pantai yang kian menyempit. 

Akibat lainnya yang semakin memprihatinkan yakni sistem ekologis bumi menjadi tidak teratur. Ini mengakibatkan rantai makanan ekosistem makhluk hidup jadi tidak teratur. Parahnya masalah ini bisa berujung pada kepunahan. 

Tujuan utama saat film An Inconvenient Truth diproduksi yakni agar menyadarkan manusia agar berlaku bijak terhadap bumi. Pesan-pesan untuk peduli banyak disampaikan sepanjang film ini seperti tidak menggunakan kantong plastik, bijak memanfaatkan air dan listrik dan tahu bagaimana mengelola sampah. 

Semoga penduduk bumi dapat lebih memperhatikan lingkungan dan hidup lebih sehat. 

Selamat Hari Bumi.

****Ditulis oleh wartawan magang, Luna. 

***

tags: #film # an inconvenient truth #hari bumi #pemanasan global

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI