Diduga Berbuat Pidana, Empat Notaris Diperiksa Kemenkumham Jateng

Pemeriksaan ini dilakukan merupakan tindak lanjut dari permohonan Penyidik Kepolisian.

Selasa, 06 September 2022 | 10:18 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Empat Notaris di Jateng diperiksa Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Provinsi Jawa Tengah terkait dugaan tindak pidana. pemeriksaan dilakukan di Ruang Rapat Bima, Kanwil Kemenkumham Jateng, pada Senin (5/9/2022).

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang Setyabudi, yang juga merupakan Ketua Majelis Pemeriksa memimpin jalannya pemeriksaan yang dilakukan secara langsung dan virtual ini (hybird).

BERITA TERKAIT:
Usut Kasus Dugaan Pemerasan Firli, Polisi Kembali Periksa SYL
Jelang Idul Adha, Ditemukan Penyakit Kudis dan Orf pada Hewan Qurban
Arab Saudi Perketat Pemeriksaan Jelang Puncak Haji
Galian C di Katekan Grobogan Berbuntut Panjang, Seorang Warga dan Kades Malah Diperiksa Polisi
Sandra Dewi Penuhi Panggilan Kejagung sebagai Saksi Kasus Korupsi Tata Niaga Timah

Majelis Pemeriksa yang melaksanakan pemeriksaan terhadap Notaris antara lain, Suyanto dan Sugiarto masing-masing sebagai Anggota, serta Kabid Pelayanan Hukum Agustinus Yosi Setyawan, sebagai Sekretaris.

pemeriksaan ini dilakukan merupakan tindak lanjut dari permohonan penyidik Kepolisian untuk memanggil Notaris agar memberikan keterangan dalam rangka penyidikan dugaan tindak pidana yang dilakukannya.

Usai pemeriksaan selesai, anggota Majelis mengadakan rapat pleno yang diikuti juga oleh anggota lain yaitu Mochammad Machfudz, Saleh Hartanto, dan Aprila Niravita untuk menentukan apakah menyetujui atau menolak permohonan penyidik Kepolisian atas Notaris yang dimaksud untuk memberikan keterangan kepada penyidik dalam rangka penyidikan dugaan tindak pidana. 

Bambang Setyabudi mengatakan empat Notaris yang diperiksa tersebut merupakan Notaris dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Banyumas. Ia belum bisa menyebutkan identitas dan bentuk dugaan pelanggaran. Hal ini karena masih dalam pemeriksaan.

***

tags: #pemeriksaan #penyidik #kepolisian #majelis kehormatan notaris

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI