Simpang-siur Status Kehalalan Mie Gacoan, Begini Penjelasan MUI

Secara subtansinya seluruh raw matrial untuk kepentingan produksi menu-menu mie gacoan sudah memperoleh sertifikat halal.

Sabtu, 11 Februari 2023 | 14:24 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, JakartaMie Gacoan akhirnya bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia soal sertifikat halal. Adapun kedatangan perwakilan Mie Gacoan diterima langsung oleh Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh di Gedung MUI, Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Niam menjelaskan, ada dua hal yang krusial dalam pertemuan ini yaitu pertama sertifikasi halal terhadap manufacturing dari Mie Gacoan di bumbu, minyak untuk kepentingan masak, serta bahan-bahan yang dari daging ini sudah dibahas sudah ditetapkan kehalalannya di Majelis Ulama Indonesia dan juga sudah dikeluarkan sertifikat halal.

BERITA TERKAIT:
MUI Ajak Masyarakat Berantas Judi Online dan Pinjol Ilegal
MUI Imbau Panitia Kurban untuk Jaga Lingkungan
MUI Ajak Masyarakat Gunakan Produk dalam Negeri
Soroti Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, MUI Tegaskan Nikah Beda Agama Tak Sah dan Hukumnya Zina
MUI Soal Film Kiblat: Agama Dipermainkan Hanya untuk Bisnis 

“Setelah itu tahapan berikutnya adalah sertifikasi restonya, tadi diperoleh penjelasan dari pihak manajemen untuk segera mendaftarkan dan hari ini dijelaskan sedang konsolidasi internal untuk penyiapan sertifikasi halal, tetapi secara subtansinya seluruh raw matrial untuk kepentingan produksi menu-menu Mie Gacoan sudah memperoleh sertifikat halal,” kata dia dilansir dari laman resmi MUI, Sabtu (11/2/2023).

Lebih lanjut, Niam  menjelaskan bahwa silaturahim dengan Mie Gacoan dilakukan seiring dengan langkah jaminan halal atas produk yang diproduksi juga pertanyaan dari masyarakat mengenai isu halal haram produk itu.

“Hari ini kita berdiskusi kemudian klarifikasi sekaligus juga ikhtiar untuk sertifikasi halal terhadap produk yang dibuat dan diproduksi Mie Gacoan, Alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan diskusi secara mendalam diperoleh penjelasan yang selama ini masih simpang siur di masyarakat serta ada kesepahaman untuk mengakselesari proses sertifikasi halal terhadap produk dari Mie Gacoan ini,” tukasnya.
 

***

tags: #mui #mie gacoan #sertifikat halal

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI