Dehidrasi, Dua Jemaah Haji Asal Magelang Meninggal Dunia dan Dimakamkan di Makkah

Kedua jenazah jemaah haji akan dimakamkan di pemakaman Soraya Makkatul Mukaromah, Makkah.

Jumat, 30 Juni 2023 | 16:25 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Magelang – Dua orang jemaah haji asal Magelang, Jawa Tengah, meninggal dunia di Mina, Arab Saudi. Keduanya dikabarkan meninggal dunia usai mengalami dehidrasi.

Hal itu disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Magelang Muhammad Miftah. Dilaporkan, salah satu jemaah haji yang meninggal dunia tersebut atas nama Affandi (85) asal Bolong Salamkanci, Bandongan, Magelang yang tergabung dalam Kloter SOC- 25.

BERITA TERKAIT:
Bank Jateng-Pemkot Magelang Berikan Bonus dan Edukasi Keuangan Bagi Atlet Peraih Medali POPDA Eks Karesidenan Kedu 2024
Tebar Hewan Kurban 1445 H Rambah Magelang, Ratusan Kurban Dinikmati Satu Desa
Pemkot Magelang Canangkan Gerakan Budaya Bersepeda
Santri Asal Klaten Tewas usai Rafting di Sungai Elo Magelang
Sempat Tercebur Sumur, Kakak-Adik di Magelang Dievakuasi Selamat

"Almarhum dinyatakan meninggal dunia pada pukul 12.30 waktu setempat, pada Kamis, (29/6/2023) atau 11 Dzulhijjah 1444 H.  Almarhum sempat mendapatkan penanganan tim medis dinyatakan meninggal dunia karena dehidrasi," ujarnya saat dikonfirmasi pada Jumat (30/6/2023).

Lebih lanjut, jemaah haji lain yang meninggal dunia adalah atas nama Islamiyah asal Citran Ngepanrejo, Bandongan, Magelang yang tergabung dalam kloter 27.

"Almarhumah meninggal dunia pukul 11.30 waktu setempat, pada Kamis (29/6/2023) di Mina Kemah Maktab 63. Almarhumah sempat kritis dan dehidrasi. Sebelumnya, dilaporkan Almarhumah sudah sakit," terang dia.

Ia menambahkan, kedua jenazah jemaah haji akan dimakamkan di pemakaman Soraya Makkatul Mukaromah, Makkah. Sementara dari pihak keluarga almarhum dan almarhumah mengaku telah ikhlas meskipun tetap merasa kehilangan.

"Pihak keluarga telah ikhlas atas kepergian almarhum dan almarhumah.  Karena meninggal dunia dalam keadaan beribadah di rumah Allah," tuturnya. 

Sesuai data, kuota jemaah haji Kabupaten Magelang 2023 berjumlah 1.266 orang terdiri dari 1.257 orang jamaah haji dan 9 orang petugas haji daerah, yang dibagi dalam kloter 24, 25, 26, 27, dan 28.

***

tags: #magelang #meninggal dunia #makkah #jemaah haji #dehidrasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI