Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Laga Persis Solo Vs Borneo FC

Kapolres berpesan agar suporter memberikan dukungan dengan cara yang baik dan benar.

Sabtu, 15 Juli 2023 | 07:41 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo - Sebanyak ratusan personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta siap mengamankan pertandingan Persis Solo vs Borneo FC di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/7/2023).

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, pihaknya  menyiapkan 850 personel gabungan untuk pengaman ditambah 350 steward dari Panitia Pelaksana Pertandingan yang akan mengawasi penonton secara langsung di lapangan.

BERITA TERKAIT:
Meski Bermain 10 Pemain, Persis Solo Mampu Kalahkan PSM Makassar 1-0 
Amankan Laga Persis Vs Persija, 750 Personel Gabungan Disiagakan
Hadapi Persis, PSIS Boyong 21 Pemain
Persis Solo Vs Borneo FC: Laskar Sambernyawa Menang Tipis 2-1
Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Laga Persis Solo Vs Borneo FC

“Pola pengamanan pada laga kandang kedua Persis Solo tersebut akan dilakukan sama seperti pada laga kandang sebelumnya saat menjamu Persebaya Suarabaya, yaitu sesuai pola standar yang ditetapkan PSSI,” tuturnya, Jumat (14/7/2023).

Kekuatan personel pengamanan pada laga kandang kedua tersebut, kata dia, juga tidak mengalami perubahan, termasuk susunan personel, lokasi penempatan, dan cara bertindak.

“Kami berharap, pertandingan tersebut berjalan tertib, lancar, dan aman serta tidak ada gangguan dalam bentuk apapun terutama dari para suporter,” harap Iwan.

Lebih lanjut, ia berpesan agar suporter memberikan dukungan dengan cara yang baik dan benar sesuai ketentuan PSSI, antara lain tidak membawa senjata tajam, flare, korek api, benda tajam atau runcing, dan benda lain yang telah ditetapkan panitia pelaksana.

"Kami berharap bisa menyelenggarakan pertandingan sepak bola secara baik. Artinya, pertandingan ini menjadi pertaruhan semua bahwa sanksi yang ditetapkan FIFA dan kita masih dalam percobaan. Marilah kita ciptakan suasana yang kondusif dan tertib dalam pelaksanaan pertandingan sebagai tuan rumah yang kedua ini," kata Kapolresta.

Iwan menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan panitia pelaksana untuk tidak ragu-ragu melakukan tindakan, misalnya saat pemeriksaan awal penonton masuk stadion terutama jika ada indikasi mengkonsumsi minuman beralkohol. Petugas akan melakukan alkohol tes secara acak bagi penonton yang dicurigai bau minuman beralkohol.

Pada pertandingan sebelumnya, terdapat tujuh penonton yang diamankan karena menggunakan obat-obatan terlarang dan melakukan tindakan kekerasan terhadap orang lain.

"Kami ingatkan agar kejadian pada pertandingan pertama tidak terulang lagi. Kami berharap situasi kondusif dalam stadion selama mendukung Persis Solo yang akan menjamu Borneo FC," tukasnya.

***

tags: #persis #borneo fc #polresta surakarta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI